Brilio.net - Berawal dari rasa iba kepada sang ayah yang sering pusing akibat kepanasan menggunakan helm, Linus Nara Pradhana (15), siswa SMP Kristen Petra 5 Surabaya, berhasil menciptakan helm dengan pendingin. Dengan inovasi ini, pemakai helm lebih nyaman karena tidak lagi kepanasan, meski naik motor di siang hari.

Percobaan yang dilakukan Nara tersebut membutuhkan beberapa proses hingga menemukan komponen yang pas. Pertama, Nara memiliki ide untuk meredam panas dengan memberi lubang-lubang angin, namun itu tidak efektif. Selanjutnya, Nara terpikir untuk memasang cetakan atau semacam fiber pada tempurung helm yang akan dimasukkan air di dalam fiber tersebut. Memang ide ini berhasil menimbulkan efek dingin di kepala. Namun, helm akan menjadi lebih berat dan akan menimbulkan bunyi karena keberadaan air di dalam helm tersebut.

Ide brilian muncul ketika Nara melihat iklan popok bayi yang menggunakan bahan gel sodium polyacrilate yang mempunyai daya serap air yang tinggi. Kemudian, Nara memiliki ide untuk memasang gel tersebut ke dalam tempurung helm. Pada akhirnya, terciptanya helm berpendingin (Gel-Coated Helmet).

Popok bayi bisa bikin helm dingin di kepala, siswa SMP ini ahlinya

"Kalau hanya diisi air kan nanti cepat menguap beda kalau air diresapkan pada bahan gel seperti yang ada di popok, maka akan lebih tahan lama," ujar Nara kepada brilio.net, Kamis (16/4)

Sistem kerja helm berpendingin ini terletak pada serbuk sodium polyacrilate yang dipasang pada bantalan di dalam tempurung helm. Pada saat dipakai, helm ini mampu menurunkan suhu permukaan dalam helm mencapai 9 derajat celcius. Sehingga menimbulkan rasa adem atau sejuk di bagian kepala, meskipun udara di sekitar terasa panas karena terkena terik matahari.

Karya anak pertama dari dua bersaudara tersebut diakui dunia. Buktinya, helm inovasinya mampu menyabet medali emas dalam ajang International Exhibition Young Inventors di Thailand, mengalahkan 261 peserta lainnya dari seluruh penjuru dunia.

Popok bayi bisa bikin helm dingin di kepala, siswa SMP ini ahlinya