Brilio.net - Instagram menjadi sebuah media sosial yang populer di beberapa lapisan masyarakat, khususnya anak muda. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, aplikasi mobile ini telah merangkul banyak pengguna.

Dalam suatu kesempatan, anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas fotografi, Mess 56, mencoba meneliti perilaku sosial yang terbentuk di Instagram melalui pameran yang berjudul #weareoffline di Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Yogyakarta. Berangkat dari latar belakang pendidikan yang berbeda, mereka mencoba mencari tahu sisi lain yang orang lakukan di Instagram.

Pameran ini meneliti tentang perilaku orang di Instagram, keren!

"Secara sadar atau tidak sadar, Instagram itu sudah menjadi bagian dari keseharian kita semua. Khususnya generasi muda seperti sekarang. Rasanya segala aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari tak luput dari Instagram," ungkap Christian Dwiky, salah satu peserta yang ikut serta dalam pameran ini kepada brilio.net, Rabu (2/11).

Beberapa karya yang ditampilkan mencoba menangkap fenomena unik yang terjadi di Instagram. Seperti karya Farah Alifia Azzahra dan Gilang Putrahadi yang berjudul SoundPict. Mereka menangkap banyak pengguna Instagram ternyata menggunakan fitur tagging location yang seharusnya untuk menunjukkan tempat foto diambil, tapi ternyata digunakan untuk menulis judul lagu.

Pameran ini meneliti tentang perilaku orang di Instagram, keren!

Setelah diteliti ternyata yang dimaksudkan para pengguna Instagram tersebut, lagu yang di tulis adalah sebuah musik pengiring yang ada pada foto yang di posting. Karena fenomena ini kemudian mereka membuat sebuah akun dengan nama @sound.pic, dimana akun ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pengguna Instagram dengan membuat lagu yang nyata untuk mengiringi foto yang telah diunggah.

Beberapa karya lainnya seperti "Yang Tidak Menarik dan Tidak Tampil" karya Muhamad Erlangga Fauzan. Dimana pada karya ini berusaha menampilkan benda-benda yang seharusnya ada tetapi dihilangkan. Ini terjadi karena pengguna Instagram berusaha untuk membuat fotonya tampil secantik mungkin tanpa ada kehadiran benda-benda yang dianggap mengganggu ini.