Brilio.net - Kabar duka datang dari DI Yogyakarta. Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam IX meninggal dunia pada Sabtu (21/11) pukul 15.10 WIB di RSUP Sardjito Yogyakarta.

Jenazah Paku Alam IX rencananya akan dimakamkan besok, Minggu (22/11) di Astana Girigondo, Kulonprogo. Astana Girigondo merupakan kompleks makam Adipati Pura Pakualam, jenazah akan dimakamkan di samping makam sang istri BRAy Kusumarsini.

"Rencananya dimakamkan jam 3 sore besok. Kita akan memberikan kesempatan kepada warga untuk memberikan penghormatan terakhir dulu," kata KPH Kusumo Parasto, salah seorang kerabat Pura Pakualaman, pada wartawan di Pura Pakualaman, Sabtu (21/11) malam.

Paku Alam IX  dimakamkan di Astana Girigondo besok


KPH Indro Kusumo, Pengageng Kawedanan Budaya lan Pariwisata Pura Pakualaman menambahkan jenazah rencananya akan diberangkatkan pada pukul 12.30 WIB. "Sehingga pukul 15.00 bisa dilakukan prosesi pemakaman," ujarnya.

Sebagai informasi Paduka Paku Alam IX meninggal setelah menjalani perawatan di RSUP Sardjito sejak 16 November 2015. Paku Alam IX menderita gangguan pernapasan akut,  sehingga harus dibantu alat pernapasan.

Sampai berita ini diturunkan pelayat silih berganti datang untuk mensholatkan jenazah. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo rencananya akan melayat besok pagi Minggu (22/11).