Brilio.net - Menjadi tua bukan berarti tak lagi produktif dan memiliki manfaat bagi lingkungan. Seorang anggota satuan tugas (Satgas) Kali (Sungai)Code Jogja yang sudah lanjut usia memberi teladan itu. Di usianya yang menginjak 62 tahun, Pak Anton Sutrisno masih mengabdikan diri untuk menjaga salah satu sungai besar di Jogja.

Dalam tiga tahun terakhir ini, Satgas Sungai menjadi kesibukan utamanya. Sebelumnya Pak Anton menjadi satpam di suatu bank selama 30 tahun. Karena sudah mencapai batas umur bekerja, Pak Anton akhirnya harus pensiun.

Waktu luang yang banyak setelah pensiun tak membuatnya bisa tenang dan berleha-leha. Dia tak ingin hanya diam saja di rumah. "Pokoknya harus ada kesibukan biar nggak ngerepotin orang lain," ungkapnya saat ditemui brilio.net, kemarin.

Tinggal di tempat yang hanya berjarak 15 meter dari sungai membuatnya peka dengan kondisi sekitarnya. Hatinya tergerak untuk turut menjaga desanya dari banjir yang dapat sewaktu-waktu menyerang. Untuk mewujudkan keinginan hatinya dia mendaftarkan diri menjadi Satgas Sungai Code.

Pak Anton, pensiun dari satpam abdikan diri bersihkan sungai, mulia
Semangatnya tak pernah padam. Dia tak enggan mengeluarkan banyak tenaga supaya lingkungan sungainya bersih, aman dan nyaman. Harapannya sangat sederhana, dia ingin menjadi contoh untuk anak muda yang malas merawat sungai.

"Anak muda itu hanya mau turun kalau ada acara besar seperti ini. Itu aja cuma wira-wiri bisanya, dan sering ngeluh capek. Kalau hari-hari biasa mereka nggak mau turun. Saya mau turun seperti ini biar mereka pada peka dan bersemangat. Masa yang tua mau capek-capek tapi yang muda nggak," ujarnya.

Wah, keren Pak Anton...