Brilio.net - Indonesia memang patut berbangga hati mengingat salah satu fosil manusia purba pertama ditemukan di sini, tepatnya di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Manusia purba pertama yang ditemukan oleh Eugene Dubois ini diberi nama Homo Wajakensis dan menjadi manusia purba pertama yang mendekati evolusi sempurna.

Jejak-jejak penemuannya bisa kamu temukan di Museum Wajakensis, Boyolangu, Tulungagung. Museum ini menyimpan semua hal yang berhubungan dengan Homo Wajakensis mulai dari replika tengkoraknya hingga keseluruhan badan. Selain itu kamu juga bisa menemukan berbagai peninggalan sejarah seperti Arca Ganesha, Arca Perwujudan, Arca Budha dan Arca Kera.

Menguak jejak manusia purba pertama di Indonesia, Homo Wajakensis

Menguak jejak manusia purba pertama di Indonesia, Homo Wajakensis

Homo Wajakensis ditemukan oleh Van Riestchoten yang kemudian diteliti oleh Eugene Dubois pada tahun 1889 di Desa Wajak, Boyolangu, Tulungagung. Dilihat dari kerangka tengkoraknya menyerupai kera dengan badan tegak layaknya manusia. Manusia purba ini hidup sekitar 40.000 hingga 25.000 tahun lalu.

Homo Wajakensis memiliki ciri-ciri fisik muka datar dan lebar, hidung menonjol dan pipi yang agak miring. Kapasitas otaknya mencapai 1.300 cc dengan tinggi badan sekitar 130 hingga 210 centimeter. Homo Wajakensis disebut-sebut sebagai manusia purba yang pintar karena sudah bisa memasak makanannya sendiri.

Menguak jejak manusia purba pertama di Indonesia, Homo Wajakensis

Jika ingin meneliti lebih lanjut, kamu bisa datang langsung ke Museum Wajakensis setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00-14.00 WIB dan tak dipungut biaya sepeser pun. Akses ke sana pun cukup gampang, dari pusat kota Tulungagung tinggal berjalan ke arah selatan sekitar 5 kilometer dengan menggunakan kendaraan bermotor atau angkot.

PERLU KAMU KETAHUI JUGA:

Sejarah popcorn, camilan andalan buat teman nonton bioskop kamu

Wow, museum batik pertama di Indonesia ternyata ada di Jogja!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

Museum Gunung Merapi, museum gunung api pertama di Indonesia

Di Jogja ada museum khusus cokelat, sejarah cokelat ada di sini