Brilio.net - Sepeninggal Sunan Ampel, Sunan Giri dipercaya untuk menjadi penggantinya. Pada tahun 1481, Raden Fatah menjadikan Giri sebagai daerah istimewa dengan sebutan Giri Kedhaton. Daerah tersebut dalam sejarahnya tumbuh menjadi pusat politik penting di Jawa, bersaing dengan Kerajaan Majapahit.

Selain dikenal luasnya pengetahuan ilmu agamanya, utamanya bidang fiqih, Sunan Giri juga dikenal sebagai ahli politik dan tata negara era Wali Songo. Dikutip brilio.net dari buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, Jumat (26/6), Sunan Giri lah yang menyusun peraturan ketataprajaan dan pedoman tata cara di keraton. Pandangan politik Sunan Giri juga selalu menjadi rujukan.

Ketika Raden Fatah melepaskan diri dari Majapahit, Sunan Giri yang dipercaya untuk meletakkan dasar-dasar kerajaan masa perintisan di Bintoro Demak. Perannya dalam kerajaan tak hanya di Demak, beberapa kerajaan Islam seperti Pajang dan Mataram juga tak bisa lepas dari peranan Sunan Giri. Pengaruhnya bahkan menembus luar Jawa seperti Makassar, Hitu, hingga Ternate.

Konon, seorang raja barulah sah kerajaannya ketika sudah direstui oleh Sunan Giri. Pengaruh Sunan Giri ini tercatat dalam Though Account of Ambon serta berita orang Portugis dan Belanda di Kepulauan Maluku. Dalam naskah tersebut, kedudukan Sunan Giri disamakan dengan Paus bagi umat Katolik Roma atau Khalifah bagi umat Islam. Peran Sunan Giri juga tercatat dalam Babad Demak.

Cara Sunan Giri yang menggunakan jalur agama, ekonomi, politik, kultural, dan pendidikan menjadikan perjuangan dan pemerintahannya semakin kokoh. Sunan Giri wafat pada usia 63 tahun, sementara Giri Kedhaton bertahan hingga 200 tahun.

 

BERITA TERKAIT YANG WAJIB KAMU BACA:

Begini ceritanya kenapa Raden Paku akhirnya bisa dipanggil Sunan Giri

Kisah terenyuh Sunan Giri, saat bayi dibuang ke laut oleh kakeknya

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

'Tapa ngeli', cara Sunan Muria menyebarkan ajaran Islam

Ternyata Fatahillah bukan Sunan Gunung Jati, ini penjelasannya

Ini asal usul falsafah dahsyat Moh Lima besutan Sunan Ampel

Tokoh punakawan, peninggalan Sunan Kalijaga sewaktu berdakwah

Kisah Sunan Kudus yang berhasil sembuhkan wabah penyakit di Arab

Shalat minta hujan Sunan Gresik selamatkan gadis yang akan jadi tumbal

Ini penjelasan kenapa semua Wali Songo terletak di pesisir utara Jawa