Saat membaca Alquran dan memerhatikan Surat At Taubat, kamu akan menemukan perbedaan surat tersebut dengan surat lainnya pada Alquran. Perbedan surat itu dengan lainnya adalah Surat At taubat tak diawali dengan basmalah atau lafaz bismillahirrohmanirrohim. Kamu pernah bertanya-tanya kenapa?

Dalam Tafsir Al Mishbah karya Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA, dikutip brilio.net, Selasa (23/6) disebutkan bahwa salah satu alasan tidak dicantumkannya bacaan basmalah pada awal surat tersebut karena ayat-ayat pada surat tersebut berbicara tentang pemutusan hubungan Tuhan dengan orang-orang yang durhaka.

Biasanya kalau pemutusan hubungan ada, mereka tidak menyebutkan nama Tuhan yang seakan-akan ingin berkata bahwa yang memutuskan hubungan itu tidak wajar mendapat rahmat atau kasih sayang dari Allah. Pendapat inilah yang disepakati mayoritas ulama.

Ada juga yang menyatakan bahwa surat At Taubat dan Al Anfal yang terletak sebelumnya, temanya hampir sama. Dalam surat Al Anfal ada bahasan tentang perlunya menepati ikatan-ikatan perjanjian. Sedangkan di surat At Taubat menguraikan tentang pemutusan perjanjian terhadap mereka yang mengkhianati perjanjian.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sayyidina Utsman bin Affan menduga surat At Taubat dan Al Anfal itu satu surat, sehingga tidak perlu memakai basmalah. Dalam riwayat tersebut dijelaskan bahwa nabi belum sempat menjelaskan apakah surat ini memakai basmalah atau tidak. Hingga nabi wafat belum menjelaskannya. Sehingga akhirnyya Sayyidina Utsman memutuskan untuk tidak menggunakan basmalah pada surat tersebut.

Itulah sedikit penjelasan tentang tidak adanya basmalah pada surat At Taubat. Allahu A'lam.

PERLU KAMU BACA:

Kisah Nabi Zakaria, tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Ini asal usul nama Muhammad

Bukan Khadijah cinta pertama Muhammad, tapi ini lho wanita itu

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan Qur'an 50 ayat

Undian yang menyelamatkan ayah Muhammad SAW

Pemuda ini lebih memilih Muhammad daripadanya orangtuanya sendiri

BACA JUGA:

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

Ini alasan kamu tak perlu persoalkan dokter kandungan lelaki

10 Hal yang seharusnya tak perlu kamu unggah di media sosial

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal