Brilio.net - Kamu mengaku penggemar durian? Tempat ini layak untuk kamu datangi untuk memanjakan lidahmu dengan buah beraroma tjam itu.

Kecamatan Kaligesing di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, selain terkenal akan sentra kambing peranakan etawa, juga terdapat sentra durian Kaligesing. Di sana kita bisa beli durian langsung dari petaninya ataupun pengepul dengan harga murah meriah.

Menyusuri Pegunungan Menoreh yang jadi batas wilayah DI Yogyakarta dengan Kabupaten Purworejo, brilionet tiba di desa Kaligono yang masuk Kecamatan Kaligesing. Di sepanjang jalan berjejer penjual durian.

Kami menjumpai salah seorang pengepul besar, Wasini namanya. Menurut perempuan 64 tahun tersebut, durian Kaligesing sudah punya nama di kalangan penggemar durian lokal. "Durian sini itu menurut para pembeli lebih nikmat daripada durian Sumatera atau Matesih," katanya

Memanjakan lidah dengan durian Kaligesing

Banyak wisatawan luar kota berburu durian di wilayah Kaligesing ini. "Khususnya kalau hari libur, pasti banyak yang nyari ke sini. Penjual durian juga banyak yang ambil dari sini," tegasnya.

Berbarengan dengan kunjungan brilionet juga ada beberapa pedagang durian yang sedang kulakakan di tempat Wasini. Duren di sini lebih manis dan tidak membosankan. Kandungan airnya juga tidak terlalu banyak. "Itu pedagang dari kebumen sama jogja mas yang sedang milih," ungkapnya panjang lebar.

Soal harga, Wasini mengatakan tergntung dari ukurannya. "Yang biasa Rp 10 ribu, agak besar Rp 20 ribu, bisa kurang kalau ambil banyak. Kualitas dan rasa dijamin," ujarnya setengah berpromosi.