Brilio.net - Saat ini kubah memang sangat identik dengan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Padahal dalam sejarahnya, kubah bukanlah berasal dan berakar dari arsitektur Islam. Ajaran Islam tak membawa secara langsung tradisi budaya fisik. Meski begitu, perkembangan yang ada membuat kubah menjadi salah satu komponen terpenting dalam pembangunan masjid.

Namun demikian, bukan berarti bangunan masjid yang tidak memakai kubah menjadi tidak menarik. Tak sedikit masjid yang tak menggunakan kubah sebagai penutup bagian atasnya, tapi tetap memesona. Berikut contoh beberapa masjid tanpa kubah yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (8/7).

1. Masjid Agung Demak

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid yang bersejarah bagi perkembangan Islam di Jawa. Masjid ini dulu merupakan pusat kegiatan Kerajaan Demak. Meski bentuk penutup masjid tak berupa kubah, Masjid Agung Demak tetap mempunyai ciri khas tersendiri. Bangunan Masjid Agung Demak mempunyai unsur kebudayaan Hindu Jawa yang bentuk bangunannya cenderung mirip dengan candi yang runcing ke atas dan bersususun tiga. Hal itu melambangkan Islam, iman, dan ihsan. Jumlah pintunya pun ada lima melambangkan Rukun Islam. Sedangkan jendela yang berjumlah enam menjadi simbolisasi Rukun Iman.

2. Masjid Agung Banten

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua yang penuh dengan nilai sejarah. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten. Ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Masjid ini memiliki karakteristik seperti Masjid Agung Demak yang atapnya tak menggunakan bentuk kubah. tapi hal itu malah menjadi kekhasannya, karena atap bangunan utama yang bertumpuk lima itu menyerupai pagoda China yang juga merupakan karya arsitek China yang bernama Tjek Ban Tjut.

3. Masjid Raya Bani Umar Tangerang

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah

Meski tak mempunyai kubah, tapi masjid ini mempunyai menara setinggi 50 meter yang diklaim menjadi menara tertinggi di Tangerang. Masjid yang juga memiliki gaya arsitektur tak biasa ini dirancang arsitek Fauzan Noe'man. Fauzan mengatakan jika kubah bukanlah unsur yang wajib ada pada masjid. Kompleks Masjid Raya Bani Umar ini berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektare dibangun pada 2007 atas prakarsa Hj Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri mantan Wakil Presiden Indonesia 1983-1988, Umar Wirahadikusumah.

4. Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah

Masjid ini merupakan karya arsitek kenamaan Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Ridwan Kamil terinspirasi dari Kakbah di Makkah dalam merancang gaya arsitektur masjid ini. Masjid Al Irsyad yang berbentuk kubus tanpa kubah menjadi pembeda dengan masjid pada umumnya. Jika malam tiba, langit-langit masjid dihiasi 99 lampu sebagai simbol asmaul husna. Sebuah bola baja bertuliskan lafaz Allah menjadi Sutrah (penghalang) untuk tempat imam dan jamaah di belakangnya.

5. Masjid Cut Meutia Jakarta

Masjid-masjid di Indonesia ini tetap memesona meski tanpa kubah

Bangunan masjid ini memang tak menyerupai masjid pada umumnya. Tak ada kubah ataupun menara, kecuali lambang bulan dan bintang yang terdapat di puncak atap bangunan ini. Dalam sejarahnya, bangunan bergaya arsitektur Art Nouveau (tiap sisinya mempunyai dua atau tiga buah kaca jendela) ini memang bukan didirikan sebagai sebuah masjid, melainkan kantor biro arsitek Belanda NV De Bouwpleg, yang membangun wilayah Godangdia. Berangsur-angsur bangunan ini berganti fungsi dari menjadi kantor pos, kantor wali kota, hingga akhirnya menjadi masjid.

Itulah beberapa masjid yang tak biasa karena tak memiliki kubah. Hmm...tertarik mengunjunginya?

 

BACA JUGA:

Satu-satunya di dunia, masjid ini punya dua arah kiblat

Jaga kerukunan, warga beda aliran bisa gantian berjamaah di masjid ini

Masjid di Iran ini memantulkan cahaya pelangi, bikin kamu terpukau

5 Masjid di dunia ini arsitekturnya keren banget, Allahu Akbar!

Tak cuma tempat shalat, masjid ini juga pengadilan masalah keagamaan

Dikenal masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?

Kemegahan Masjid Demak, tempat Wali Songo bermusyawarah adakan sekaten

Ini lho masjid tertua di Indonesia

Masjid unik, dibangun pekerja Kristen dan dicat warna pink