Brilio.net - Orang bilang sakit gigi rasanya lebih sakit dari pada sakit hati. Apalagi ketika salah satu dari gigi habis dicabut.  pastilah badan kita ikut meriang. Tidak jarang aktivitas jadi terganggu akibat luka pascacabut gigi.  Nah, pernahkan terbayang  jika jaring laba-laba bisa menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan luka setelah gigi dicabut?

Jaring laba-laba yang sering kali dianggap sangat mengganggu, tapi ternyata bisa sangat membantu dalam bidang medis.

Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Effendi Halim, Bayu Anggoro Aji, Claudia Twistasari, Choirunisa Nur Humairo, dan Mirna Aulia membuat inovasi dengan menggunakan jaring laba-laba yang diberi nama SPIDWEB Gel.

Luka setelah cabut gigi bisa diobati dengan jaring laba-laba


Salah seorang anggota tim peneliti, Effendi Halim mengatakan SPIDWEB Gel adalah Gel Jaring Laba-laba yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka pasca-pencabutan gigi. "Jaring laba-laba mengandung banyak vitamin K yang dapat membantu percepatan pembekuan darah," ujar Efendi pada brilio.net Kamis (17/9).

Effendi juga bercerita bahwa jaring laba-laba yang digunakan dalam penelitian tersebut berasal dari laba-laba spesies Argiope modesta. Tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya karena jaring laba-laba dikenal bersifat biokompatibel atau dapat diterima oleh tubuh manusia. Selain itu jaring laba-laba tidak bersifat toksik atau beracun.

Penelitian ini, kata Effendi, menggunakan ekstrak dari jaring laba-laba serta kantong telur pelindung telur laba-laba yang terbuat dari  gumpalan padat jaring laba-laba."Secara tradisional, jaring laba-laba digunakan orang untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit," tambah Effendi.

Inovasi ini awalnya merupakan karya untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 2013 ini ternyata mampu membawa pulang medali emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2014.