Brilio.net - Cuaca Indonesia yang panas tentunya membuat masyarakat selalu ingin meminum minuman yang dingin dan menyegarkan.

Namun terkadang kamu terlalu malas untuk keluar membeli minum dingin atau es batu. Lalu bagaimana solusinya? Pakai saja gepeng (gelas pendingin) karya mahasiswa ITS.

Inovasi keren ini dibuat oleh Gusti Fajar Romano, Puja Priyambadha dan Vristanto Bimo (Teknik Mesin). Gelas buatan mereka ini memiliki beberapa kelebihan yakni tanpa diisi es batu namun bisa awet dingin hingga 5 jam dan bisa dibawa kemanapun dalam cuaca panas.

"Idenya terbentuk ketika ada tugas mata kuliah technopreneurship, lalu saya mencari barang apa yang sederhana, kreatif dan layak dijual," ujar Gusti kepada brilio.net, Kamis (2/7). "Lalu tercetuslah menggunakan gelas karena banyak yang memakai, jadi target pasarnya lebih luas."

"Prosesnya sih kita beli gelas dan tumbler dari produsen lalu kita sisipkan gel es di dalamnya. gel es itu bentuknya kayak agar-agar yang biasanya buat nyimpen peralatan bayi itu, jadi kita tinggal merakitnya begitu," lanjutnya.

Saat ini Gusti dan teman-temannya tengah mempromosikannya ke berbagai restoran, angkringan maupun cafe. Satu buahnya dijual dengan harga Rp 40-50 ribu. "Alhamdulillah respons masyarakat bilang bagus, kreatif dan bermanfaat, tapi agak mahal katanya," pungkas Gusti sambil tersenyum.