Brilio.net - The quick brown fox jumps over the lazy dog. Kalimat aneh tersebut tentu sudah sering kita lihat saat akan mengganti huruf (font), baik itu di handphone maupun di komputer. Pernahkah kamu perhatikan kalimat tersebut sebenarnya sangat aneh. Dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti "rubah cokelat yang cepat melompati anjing malas". Kalau dipikir-pikir sebenarnya apa hubungannya rubah coklat atau anjing malas dengan gadget kita?

Dilansir brilio.net dari urbandictionary.com, Jumat (1/5), sebenarnya memang tidak ada hubungannya antara kalimat tersebut dengan perangkat gadget kita. Kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog" merupakan pangram terkenal di dunia. Pangram tersebut pertama kali diciptakan oleh Sekolah Moderator di Michigan Amerika Serikat pada tahun 1885.

Apa itu pangram? Pangram adalah kalimat yang menggunakan semua huruf dalam suatu aksara paling tidak satu kali. Pangram berasal dari bahasa Yunani, 'pan' yang berarti 'semua' dan 'gramma' yang berarti 'huruf'. Jadi, pangram berarti semua huruf. Nama lain pangram adalah holoalfabetis.

Tujuan penggunaan pangram pada contoh font di gadget kita adalah untuk menampilkan 26 huruf dalam aksara latin secara lengkap. Dengan kalimat aneh tadi, kita bisa dengan mudah melihat huruf A sampai Z dengan menggunakan suatu font yang dicontohkan.

Jadi, sudah tahu kan makna di balik kalimat aneh itu. Ternyata kalimat aneh tersebut memang tidak hanya asal dibuat saja, namun karena memang ada tujuannya.