Brilio.net - Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ibu Ani memilih merayakannya di kampung halaman, Pacitan. Dalam foto-foto yang diunggah Ibu Ani di akun Instagramnya, tampak kemeriahan perlombaan panjat pinang yang menuai berbagai pujian dari para netizen.

"Ugh....licin sekali... Panjat pinang (walaupun yang dipanjat bambu), adalah perlombaan yang dilakukan secara beregu dan bekerjasama memanjat pinang yang telah dilumuri oli hingga dapat mencapai puncak pinang dimana tergantung aneka macam hadiah. Lomba ini membutuhkan kesabaran dari para pesertanya. Lomba ini biasanya dilakukan oleh masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI," tulis ibu Ani yang dikutip brilio.net, Senin (17/8).

Jepretan Ibu Ani tentang lomba panjat pinang tuai pujian netizen

Dalam foto lainnya, ibu Ani juga antusias mengikuti jalannya perlombaan. "Juara 1 dari desa Ketro, Pacitan, Bapak Agung Wibowo yang mengibarkan bendera Merah Putih," tulis Ibu Ani dalam caption-nya.

"Pemandangan dibelakangnya begitu menyenangkan, bukit yg dpenuhi pepohonan, sejuk nan damai. Indahnya Indonesia," komentar @ayiksuwono.

"Terima kasih ibu Ani meski sesibuk apapun masih menyempatkan untuk ikut semarak kemerdekaan nusantara tercinta...," ucap @mw_sejati.

Perayaan HUT RI tahun ini memang terasa istimewa bagi mantan presiden SBY dan Ibu Ani. Melalui akun Twitter resminya, SBY menjelaskan alasan keinginannya merayakan Kemerdekaan di tanah kelahiran.

Jepretan Ibu Ani tentang lomba panjat pinang tuai pujian netizen

"Setelah 10 th terakhir saya peringati hari kemerdekaan tsb di Jakarta, insya Allah tahun ini saya akan peringati bersama masy Pacitan.

"Saya berencana utk peringati bersama pejuang & veteran di Nawangan, Pacitan ~ tempat Panglima Sudirman dulu pimpin Perang Gerilya," lanjut SBY.

Pernyataan tersebut sontak mengundang reaksi beragam dari netizen. "Selamat datang di Pacitan Bapak, kami warga Pacitan sangat merindukan kedatangan Bapak," kata Ukhti Mifta.