Brilio.net - Untuk pecinta alam yang pernah melakukan pendakian di Gunung Merapi sebelum erupsi tahun 2010, tentu tidak asing dengan nama Puncak Garuda. Ini merupakan puncak tertinggi di Gunung Merapi yang menyerupai lambang garuda yang bertengger di bibir kawah.

Dahulu sebelum erupsi Merapi 2010, puncak inilah yang menjadi tujuan para pendaki untuk berpose menunjukkan kegagahan lambang garuda. Erupsi besar yang terjadi di Gunung Merapi pada 2010 menyebabkan runtuhnya puncak ini. Dalam beberapa erupsi sebelumnya, puncak ini tak tergoyahkan kekokohannya.

Setelah erupsi 2010, Puncak Garuda hilang dan tinggal menyisakan beberapa bagian saja. Nama yang diberikan pada bekas puncak ini pun berganti menjadi Puncak Tusuk Gigi karena bentuknya yang runcing seperti tusuk gigi.

Puncak ini adalah lokasi yang terkenal ekstrem oleh para pendaki. Puncak inilah yang dipanjat oleh Eri Yunanto mahasiswa yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Eri Yunanto (21), mahasiswa Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta terjatuh ke dalam kawah Merapi saat melakukan pendakian ke puncak Merapi, Sabtu (16/5). Seratusan personel tim SAR dikerahkan untuk menngevakuasi korban. Saat ini posisi korban diketahui berada di dasar kawah sedalam kurang lebih 300 meter. Kondisi medan yang ektrem menyulitkan tim SAR untuk mengevakuasi korban.

BERITA TERKAIT:

Beredar foto Eri Yunanto sebelum terjatuh ke kawah Merapi

HOT NEWS:

Siang jualan soto & malam hari Wiyarno mendalang tanpa bayaran, top!

Hiasan kepalanya diejek haters Malaysia, Melly Goeslaw menyerang balik

Gambar sosok misterius bikin gamer COC 'pensiun', nyatakah gambar itu?