Brilio.net - Bagi kebanyakan orang ular mungkin hewan yang menyeramkan. Meski begitu ada juga sebagian orang yang justru tertantang untuk memelihara ular.

Namun ada hal-hal penting yang harus diperhatikan jika kamu ingin memelihara ular agar terhindar dari kejadian yang tak diinginkan.

Dicky salah seorang pecinta reptil yang sudah memelihara ular selama 5 tahun memberikan tips-tips penting bagaimana cara memelihara ular yang benar. Menurutnya memelihara ular itu gampang asal telaten dan mau sering-sering berinteraksi dengan mereka.

"Pertama kalau beli ular itu hasil ternakan sendiri, jangan ngambil yang dari alam, karena butuh waktu buat menjinakkannya nanti," ujar Dicky kepada brilio.net, Kamis (25/6).

"Sering berinteraksi dengan mereka misal diajak main, karena kalau lama gak diajak interaksi naluri buasnya ular bisa muncul lagi walalu awalnya jinak."

Selain itu, pemilik juga harus memberi makan yang teratur, kebersihan kandang harus diperhatikan. Lalu sering-sering juga dimandikan. 2-3 hari setelah ular makan kalau bisa dimandikan lalu dijemur.

Selain itu hal yang harus diperhatikan saat memelihara ular adalah mengerti saat ular akan shading atau berganti kulit. Biasanya tanda kalau ular mau ganti kulit itu warna kulitnya dan matanya pucat.

Kalau mau ganti kulit sebaiknya jangan dikasih makan dulu. Diberi makan jika sudah berganti kulit. Untuk jenis ular phyton biasanya butuh waktu berganti kulit sekitar 1 minggu.

Kriteria kandang juga harus diperhatikan dengan benar. Beri kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai ular merasa sumpek atau kekecilan dengan kandang mereka sendiri.