Brilio.net - Setelah Ambarawa dan Semarang, Yogyakarta yang dijadikan sebagai tempat syuting film Guru Bangsa Tjokroaminoto. Sutradara Garin Nugroho menghidupkan kembali Surabaya di era tahun 1950-an dengan menyulap area perkebunan milik UGM untuk set lokasi. Di area ini terdiri dari rumah, gedung, mobil klasik, bahkan trem yang ada pada masa itu.

Menurut Allan Sebastian, Art Director dalam film tersebut, film ini memang merupakan film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak. Film ini dibuat sedemikian rupa karena menurut Garin, setting memiliki peran yang besar dalam suatu film.

Ini film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak

Film ini akan menceritakan sisi kemanusiaan dari setiap karakter yang diperankan. Selain Tjokroaminoto, ada tokoh sejarah lain yang dihadirkan, seperti Soekarno, Agus Salim, Musso, dan Soeharsikin, isteri Tjokroaminoto. Dengan begitu masyarakat Indonesia dapat melihat, memahami, dan mempelajari kondisi para pejuang di era pra kemerdekaan tanpa mengurangi bobot hiburannya.

Tujuan utama film adalah untuk memperkenalkan sosok sang pahlawan kepada masyarakat Indonesia karena saat ini banyak anak muda yang kurang mengenal HOS Tjokroaminoto padahal kontribusinya pada kemerdekaan sangatlah besar. Walaupun bertemakan tempo dulu namun film ini tetap dibungkus sedemikian rupa, sehingga tetap berkesan dan menghibur.

Ini film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak

Sungguh disayangkan, set film tersebut saat ini menjadi korban aksi vandalisme orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Film ini telah selesai syuting pada bulan Desember 2014 dan direncanakan akan tayang pada bulan April 2015.

Ini film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak

Ini film Indonesia dengan set terbesar dan terbanyak