Brilio.net - Nama-nama superhero Indonesia seperti Gundala Putera Petir, Godam, Panji Manusia Milenium memang sudah jarang terdengar lagi karena kalah tenar dengan para superhero dari Amerika seperti Iron Man, Captain America, Superman, dan lain sebagainya.

Namun kini muncul sosok superhero baru dari Indonesia, tepatnya berasal dari Jogja yaitu Malioboroman! Sosok superhero ini adalah buatan dari Dagadu, merek clothing khususnya kaos yang hampir seluruhnya bertemakan tentang Jogja.

Ini dia 'Malioboroman', superhero dari Jogja!

Menurut Lisda Diyanti, salah satu Gardep Dagadu (sebutan untuk pramuniaga Dagadu), di era modern ini Malioboroman hadir sebagai obat rindu warga Jogja akan sosok lokal yang selalu siap sedia menjaga kota Jogja agar tetap aman & nyaman, asri lingkungannya dan mengedepankan keramahan dan kesopanan.

"Ciri khasnya tetap njawani, walau kostum mirip Superman tapi tetap memakai blangkon," ujar Lisda kepada brilio.net Selasa (16/6)

Sosok Malioboroman ini hadir dalam kaos-kaos produksi Dagadu baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tujuan utamanya adalah menumbuhkan kecintaan terhadap budaya negeri sendiri di tengah eksistensi budaya barat yang semakin besar pengaruhnya di Indonesia.

"Motonya adalah problema datang Malioboroman menghadang. Problema hilang masyarakat senang. Sosok ramah penuh suka cita selali dinanti dimana pun dia berada, maksudnya untuk menggambarkan orang Jogja itu ramah-ramah," lanjut Lisda.

Ini dia 'Malioboroman', superhero dari Jogja!



Seperti layaknya superhero lainnya yang memiliki lagu sendiri, Malioboroman juga punya. Ini dia liriknya!

"Membumbung bagai burung
Melesat bagai kilat,
Biar kecil tak pernah jahil
Biar gendut tak pernah takut
Jagoan Djokdja, Malioboroman namanya"

"Jagoan lokal yang banyak akal
antang menyerah apalagi pasrah
Banyak ide tidak harus gede
Tulus berkarya demi Jogja"