Brilio.net - Tak dapat disangkal bahwa hampir setiap bunga memiliki ciri dan keindahan masing-masing. Bagi kaum hawa, bunga merupakan sesuatu yang memiliki daya tarik tersendiri. Entah karena bentuk, wangi, atau preferensi pribadi yang lainnya. Ketika bunga-bunga bermekaran tampak keindahan warna-warni yang menyejukkan mata.

Sayangnya, di dunia ini ada beberapa jenis bunga yang sudah jarang ditemui sehingga termasuk dalam spesies langka. Mau tahu apa saja bunga yang termasuk dalam daftar langka? Berikut beberapa yang dirangkum brilio.net, Rabu (23/9) dari berbagai sumber:

1. Rafflesia arnoldii (Padma Raksasa)

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Rafflesia sebenarnya adalah genus tumbuhan bunga parasit yang ditemukan pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu, Sumatera. Diameter bunga Rafflesia Arnoldii yang lebih dari 100 cm berhasil menobatkannya sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga ini tidak memiliki batang, tangkai, daun, maupun akar.

Saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan bau busuk sehingga sering dijuluki sebagai bunga bangkai. Bau tidak sedapnya sangat menyengat, bahkan lalat dan kumbang-kumbang sering menghampirinya dan membantu proses penyerbukannya. Bunga ini akan mati setelah setidaknya satu minggu dari masa ia mekar.

2. Lady slippers kuning dan ungu

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho

Bunga ini adalah sejenis anggrek liar yang sangat langka di Eropa. Satu-satunya contoh tanaman ini hanya ada di Inggris yang ditemukan di lapangan golf dan berada di bawah perlindungan polisi ketat sejak 1917. Setangkai bunga ini bisa berharga hingga USD 5.000.

Biji tanamannya tidak memiliki cadangan makanan untuk keperluan tumbuhan sehingga ia hanya bisa hidup dengan bantuan simbiosis jamur jenis tertentu, yang dapat menyuplai asupan makanan hingga daun dewasa dan menghasilkan makanannya sendiri. Saat itu, jamur yang menyuplai makanannya juga akan mati.

3. Franklina altamaha

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Pohon Franklina, adalah sejenis pohon semak yang bisa tumbuh hingga 33 kaki. Tumbuhan ini juga termasuk dalam genus teh. Bunganya berwarna putih dengan aroma yang begitu harum, hampir mirip dengan bunga Camelia.

Tempat asalnya adalah lembah sungai Altamaha, Georgia, dan telah punah di alam liar sejak awal abad 19. Hingga saat ini, pohon ini masih bisa ditemui karena keluarga Bartram yang mengembangbiakkan pohonnya dan menyebarkannya sebelum kepunahan terjadi di alam liar. Ketika mekar, warna daunnya yang merah akan berubah menjadi merah terang di musim gugur.

4. Kokai cookei

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Kokai Cookei merupakan pohon endemik yang berasal dari Hawaii. Ditemukan pada tahun 1860 yang pada saat itu hanya ada 3 spesimen saja. Pohon ini sangat sulit untuk berkembang biak, pada 1950 setelah bibit mati maka pohon ini dianggap telah punah.

Pada 1978, terjadi kebakaran yang menghancurkan satu-satunya pohon yang selamat yang ditemukan pada tahun 1970. Beruntungnya, salah satu cabang dari pohon yang tersisa masih bisa diselamatkan dan berhasil dicangkokkan.

Hingga saat ini masih ada 23 pohon yang hidup dan kesemuanya berada di Hawaii. Pohonnya kecil, dengan ukuran tinggi 10 – 11 meter. Warna merah menyala kelopaknya sangat menyolok, dan terlihat sekilas seperti bunga sepatu.

5. Gibraltar campion

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Spesies bunga ini sangat langka dan hanya bisa ditemukan di tebing-tebing tinggi di Gibraltar. Tanaman cantik ini diyakini telah punah di luar Gibraltar pada tahun 1980-an namun masih ada beberapa spesimen tersisa yang dapat ditemukan.

Pada 1994, sebuah spesimen tunggal berhasil ditemukan oleh seorang pendaki tebing yang tidak dapat dijangkau, dengan begitu, masih ada harapan untuk spesies itu hidup kembali. Benihnya kemudian disebarkan di bank benih Milenium dan kini tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta Royal Botanic Gardens di London.

6. Lotus berthelotii

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Bentuknya yang menyerupai paruh burung kakatua membuatnya sering disebut sebagai bunga Paruh Kakatua. Sudah digolongkan dalam kategori bunga langka sejak tahun 1884 dan diyakini telah benar-benar punah di alam liar. Tanaman endemik dari Kepulauan Canary ini penyerbukannya dibantu oleh burung Sunbird yang juga diketahui telah lama punah di Kepulauan Canary.

Pantas saja jika tanaman menakjubkan ini langka. Percobaan tentang penyerbuk baru bunga-bunga ini sudah dilakukan untuk melawan kelangkaan tanaman ini dan membawanya kembali ke Kepulauan Canary. Namun pada tahun 2008, tidak ada yang berhasil diproduksi sama sekali

7. Jade vine

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Jade Vine memiliki nama lain Strongylodon Macrobotrys, bunga ini adalah bunga yang hidup di habitat hutan hujan tropis di Filipina. Pohon bunganya termasuk anggota keluarga kacang-kacangan yang memiliki hubungan erat dengan kacang merah. Bunganya berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dari ranting-ranting pohonnya.

Panjangnya bisa mencapai tiga meter, warnanya sangat khas dan indah, yakni variasi warna hijau kebiruan dan hijau mint. Sayangnya, bunga berwarna unik ini sangat langka dan sangat sulit untuk berkembang biak dan dianggap sebagai spesies yang terancam punah akibat perusakan habitat dan penurunan penyerbuk alami.

8. Cosmos atrosanguineus

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Cosmos Atrosanguineus disebut juga dengan bunga Kosmos Cokelat, karena memiliki warna merah gelap sampai cokelat. Bunga ini merupakan salah satu spesies bunga Cosmos yang berasal dari negeri telenovela, Meksiko.

Sempat dinyatakan punah di alam liar selama kurang lebih seratus tahun. Spesies bunga ini bertahan sebagai klon bunga tunggal infentil yang diciptakan tahun 1902 melalui pengembangbiakkan vegetatif. Bunga yang dihasilkan berdiameter 3 – 4 cm dengan aroma vanili.

9. Epipogium aphyllum (Anggrek hantu)

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Epipogium Aphyllum dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Anggrek Hantu, mungkin karena bentuknya yang mirip hantu. Jika diperhatikan, bentuknya memang menyerupai Casper, tokoh hantu dari film kartun Casper.

Anggrek Hantu atau The Ghost Orchid adalah sejenis anggrek langka yang terdapat di wilayah barat daya Florida, Amerika Serikat, Cuba dan Kepulauan Karibia. Tanaman ini memiliki banyak sekali nama, antara lain Palm Polly, White Frog (Anggrek Katak Putih) dan White Butterfly (Anggrek Kupu-kupu putih).

Nama botaninya adalah Dendrophylax Lindenii dalam klasifikasi Polyrrizza. Nama spesifiknya adalah Lindenii yang diambil dari nama penemunya, Jean Jules Linden, yang juga seorang kolektor tanaman dari Belgia. Bukan hanya bunganya yang unik, daun dan tagkainya juga sangat unik karena berjumlah sangat sedikit sedangkan akarnya sangat rimbun. Anggrek ini juga sempat diangkat ke dalam sebuah karya novel berjudul “The Orchid Thief” karya Susan Orlean.

10. Middlemist camelia

Ini dia bunga-bunga langka yang ada di dunia, dari Indonesia ada lho


Tanaman yang satu ini sangatlah cantik dengan warna merah peach, bentuk kelopaknya yang rimbun dan terlihat seperti bunga Mawar. Disebut juga dengan Middlemist Merah, yang merupakan tanaman berbunga paling langka di dunia karena hanya ada 2 sampel saja.

Salah satunya terletak di sebuah taman bunga rumah kaca di Inggris dan satu lainnya berada di Selandia Baru. Mulanya, tanaman ini dibawa ke Inggris oleh John Middlemist dari China pada tahun 1804. Sejak itu tanaman ini kemudian menjadi benar-benar punah dan tak ada bekasnya di Cina. Namun tanaman yang dibawa ke Inggris tetap tumbuh berbiak selama bertahun-tahun.