Brilio.net - Gaung perayaan 17 Agustus masih terasa sampai sekarang. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari upacara bendera, aneka lomba, atau bahkan mengadakan kegiatan sosial. Komunitas 1000_gurujogja misalnya, tidak hanya mengajar mereka juga mengajak siswa untuk merayakan hari kemerdekaan.

Sabtu (22/8) kemarin komunitas tersebut mengadakan kegiatan Traveling and Teaching (TnT) yang digelar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonosobo, Gunungkidul, Yogyakarta. "Selain mengadakan program mengajar yang dilakukan oleh para volunteer, kami juga ingin mengajak adik-adik merayakan semarak kemerdekaan bersama," cerita Sandi selaku ketua komunitas 1000_gurujogja kepada brilio.net.

Ada sekitar 14 volunteer dan 12 tim inti 1000_gurujogja yang saat itu mengunjungi sekolah tersebut untuk memberikan pelajaran di kelas 1 sampai dengan 6 dengan materi yang sudah ditentukan. Pada menit terakhir pelajaran semua siswa diminta untuk membuat bendera Indonesia untuk kemudian digunakan sebagai properti upacara.

Saat pukul 10 pagi mulailah semua siswa diminta untuk menuju lapangan sekolah untuk melaksanakan upacara bendera. Upacara bisa dibilang berbeda, karena siswa-siswi dan para volunteer berbaris membentuk formasi 70 sambil memegang bendera kreasi mereka serta hormat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ada 3 orang siswi ditunjuk sebagai pengibar bendera dan 1 dirijen.

"Saya senang sekali ada kakak-kakak di sini. Nggak cuma pelajaran saja, tapi tadi juga ada bermain, keterampilan, banyak deh. Semoga kakak-kakak sering ke sini," cerita Gery siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Wonosobo.