Brilio.net - Wanita memiliki pertanyaan tentang payudara mereka sepanjang waktu. Untungnya, ilmuwan dari Kanada memaparkan fakta ilmiah tentang payudara dalam video AsapSCIENCE. Video yang dirilis lewat Youtube ini mampu menjawab segala pertanyaanmu tentang payudara yang mungkin selama ini kamu simpan sendiri. Video empat menit tersebut menjelaskan dengan gamblang bagaimana payudara berkembang dan bekerja untuk menghasilkan susu.

"Bayangkan tentang darah yang bisa menjadi susu? Protein, gula, dan lemak ditarik dari darah ibu untuk membuat susu. Itu adalah sesuatu yang telah membuat mamalia begitu hebat," kata Rachel Salt, yang ikut menulis video dengan rekannya, Gregory Brown.

Kemudian dijelaskan juga bahwa ada gen yang memainkan peran penting dalam ukuran payudara wanita, meskipun ada korelasi positif antara ukuran payudara dan berat badan. Uniknya, satu payudara (paling sering kiri) lebih besar sampai 50 persen dari yang sebelah kanan.

Perubahan hormon yang terjadi selama masa pubertas juga bisa menyebabkan fenomena lain. Seperti ukuran payudara yang bervariasi dari minggu ke minggu, karena fluktuasi kadar hormon selama siklus menstruasi.

Selain itu, ketika ibu mulai memproduksi susu, kelenjar sekresi berminyak untuk menjaga puting terlumasi. Mereka juga melepaskan senyawa untuk membuat puting tampak lezat untuk bayi. Ketika ibu mendengar bayi menangis, bahkan jika itu bukan bayi mereka sendiri, hal itu dapat memicu seluruh proses hormonal yang mendorong keluarnya susu.

Sementara bayi mencintai payudara, pria juga begitu. Menurut transkrip video, peneliti menemukan bahwa pria menghabiskan lebih banyak waktu melihat payudara besar perempuan dengan ukuran pinggul tertentu.

Namun, buat perempuan berpayudara kecil tak perlu merasa takut karena penelitian yang sama menunjukkan bahwa pria menyukai payudara dari berbagai bentuk dan ukuran. Bahkan, payudara berukuran sedang dinilai dari statistik menjadi yang paling menarik. Payudara juga bisa menjadi sumber kesenangan yang luar biasa. Ditemukan 82 persen perempuan dan 52 persen laki-laki melakukan stimulasi puting untuk meningkatkan gairah seksual.

Nah, biar lebih memahami simak yuk video yang brilio.net kutip dari Cosmopolitan, Rabu (23/12):