Brilio.net - Bangunan masjid ini bisa dikatakan sangat berbeda dengan masjid pada umumnya. Orang yang pernah tahu bangunan Kremlin di Moskow Rusia pasti langsung mengidentikkan masjid ini dengan destinasi utama di Rusia tersebut. Ya, masjid An Nurumi ini secara kasat mata pastinya memang mengadopsi gaya arsitektur Kremlin Rusia.

Masjid An Nurumi terletak di Jalan Solo, Candisari, Kalasan, Sleman. Letaknya yanga berada di jalur perlintasan Jogja-Solo membuat letak masjid ini sangat strategis. Bangunannya yang unik sering membuat pengguna jalan menyempatkan mampir di masjid ini.

Dikenal Masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?

Slamet Budiono Jarot (60), salah satu pengurus masjid menjelaskan jika pembangunan masjid ini memang terinspirasi dari Kremlin Rusia. Ceritanya, saat pemilik Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek, Nur Indarti, bersama anaknya Umi Nur Salim pulang dari ibadah umrah, mereka menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke Rusia. Saat berkunjung ke Kremlin, Nur Indarti sangat terpesona dengan bangunan itu.

"Akhirnya Ibu Nur bernazar kalau ada rezeki akan bangun masjid atau musala seperti bangunan Kremlin," terang Slamet kepada brilio.net, Kamis (25/6).

Dikenal Masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?

Karena diberi kemudahan rezeki oleh Allah, akhirnya pada 2005 Nur Indarti melaksanakan nazar tersebut. Selesai pembangunannya, masjid tersebut akhirnya diresmikan pada 9 Agustus 2007 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Nama An Nurumi untuk masjid tersebut juga merupakan kombinasi nama Nur dan Umi, ibu dan anak yang merupakan pendiri masjid tersebut. Karena mirip dengan Kremlin, tak jarang banyak masyarakat yang menyebut masjid An Nurumi ini dengan Masjid Kremlin.

BACA JUGA:

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam

Ini dia sahur ala anak kos masaknya pakai rice cooker dan setrikaan