Brilio.net - Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) menjadi salah satu tempat belajar yang disukai banyak siswa saat ini. Mulai dari mereka yang mempersiapkan ujian nasional, ujian masuk perguruan tinggi, sampai mereka yang hanya sekedar ingin memperbaiki nilai pelajaran di sekolah. Dan sebagian besar dari kamu juga pasti pernah mencicipi bangku LBB kan?

Bisa disebut bahwa LBB memang sangat menarik untuk banyak siswa, terutama karena produknya yang tersohor yaitu rumus cepat dan instan mengerjakan soal ujian. Bukan rahasia lagi bahwa hampir semua LBB menawarkan cara instan pada para siswa agar dapat dengan mudah menyelesaikan soal.

Di mana siswa yang semula bilajar cara runtut dan panjang, akan diberikan rumus cepat di LBB. Dan bukan rahasia juga bahwa inilah yang dicari oleh para peserta bimbingan belajar. Namun sebenarnya dari mana rumus instan dan cepat tersebut berasal ya?

"LBB memang terkenal dengan cara cepat atau instant ways yang awalnya berasal dan ditawarkan oleh salah satu LBB tertua di Indonesia. Rumus instan itu sebenarnya berasal dari tim khusus yang beranggotakan dosen-dosen ahli yang melakukan penelitian di berbagai tempat khusus untuk menemukan cara cepat tadi," cerita Choirul Mashrukan, manajer salah satu LBB terkemuka di Indonesia pada brilio.net, Senin (11/5).

Choirul menambahkan, hampir semua cara instan yang digunakan di kebanyakan LBB memang dulunya berasal dari satu lembaga perintis tersebut, sebelum kemudian beberapa LBB memiliki tim sendiri untuk melakukan peninjauan dan penelitian ulang. Dan tentu saja LBB tidak hanya membentuk tim untuk membuat rumus instan tadi, tapi juga untuk penyusunan sumber belajar dan kurikulum.

Ahmad Johanto, salah satu tentor LBB terbaik di Indonesia, mengemukakan bahwa untuk buku pelajaran, pihak LBB akan menyusunnya sendiri dengan sumber berasal dari berbagai buku pelajaran siswa di sekolah. Selain buku, kurikulum yang digunakan di LBB juga berasal dari survei yang sebelumnya mereka lakukan di sekolah-sekolah.

Jadi memang baik kurikulum, buku pelajaran, dan rumus instan ala LBB memang digarap oleh orang-orang khusus bukan orang sembarangan agar semua siswa dapat benar-benar memperoleh manfaat saat bergabung di LBB.