Brilio.net - Wayang menjadi warisan budaya nenek moyang yang kurang populer di kalangan anak muda terlebih lagi anak kecil. Namun tidak demikian bagi Gymna Cahyo Nugroho, anak yang justru memilih dunia wayang kulit sebagai mainannya sejak masih balita. 

Kecintaannya pada wayang, membuat Cahyo mahir dalam mendalang. Ia juga sering mendapat kesempatan untuk mendalang di berbagai acara di kota asalnya, bahkan siswa SD Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, Yogyakarta, itu tidak lama lagi akan mendalang di Amerika Serikat. 

Gymna Cahyo Nugroho yang masih berusia 11 tahun ini akan menjadi dalang cilik pertama asal Indonesia yang akan tampil di Amerika Serikat. Ia akan mendalang di hadapan tamu-tamu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC dan Konsulat Jenderal di New York, 25 Juli hingga 1 Agustus 2015.

David Singgih, salah seorang pegawai sekolah Cahyo menuturkan, dalang cilik Cahyo akan menampilkan kisah tentang Gatotkaca mulai sejak lahir hingga meninggal, dengan menggunakan bahasa Jawa. Tentu saja kiprah Cahyo itu akan mengharumkan nama Gunungkidul melalui media wayang kulit yang memang sudah kecil digeluti.

”Cahyo memang mulai menyukai dunia pewayangan sejak usia dini dan mulai belajar wayang sejak usia 1 tahun, bahkan dia sudah mulai tampil dalam beberapa event dan atau kejuaraan tingkat nasional,” tutur David kepada brilio.net, Minggu (5/7).

Selain belajar di sebuah sanggar wayang, imbuh David, Cahyo juga sering belajar sendiri, dari kaset-kaset yang diberikan oleh orang tuannya. Selain itu, sudah banyak prestasi yang berhasil didapatkan Cahyo dari beberapa kejuaraan, seperti juara 2 dongeng tingkat DIY, lomba cerita rakyat, bahkan juara 1 nasional lomba bahasa Indonesia tahun lalu.