Brilio.net - Sebuah masjid yang mirip dengan gua terdapat di Turki. Masjid yang lokasinya dekat Istanbul ini dibangun oleh Emre Arolat Arsitek, dengan cor dinding beton dan ruang ibadah seperti gua terpilih menjadi Design of the Year. Inilah Masjid Sancaklar.

Perusahaan Turki Emre Arolat Arsitek menggunakan kombinasi batu abu-abu terang dan beton bertulang untuk membangun Masjid Sancaklar. Struktur 700 meter persegi ini terletak di Buyukcekmece, pinggiran Istanbul dan dipisahkan dari lingkungan masyarakat sekitar agar terjaga keamanannya.

"Masjid Sancaklar bertujuan untuk mengatasi masalah dasar tentang merancang masjid dengan menjauhkan diri dari diskusi arsitektur saat ini berdasarkan bentuk dan berfokus hanya pada esensi ruang agama," kata salah satu arsitek seperti dikutip brilio.net dari dezeen, Senin (22/6).

Bikin kagum, masjid di Turki ini sangat indah bentuknya mirip gua

Kombinasi partisi beton, dinding batu dan pagar tinggi di area kebun ditingkat lebih rendah, di mana batu loncatan lebih tinggi di kolam air dangkal menuju pintu masuk.

"Bangunan menyatu sepenuhnya dengan topografi dan dunia luar yang tertinggal sebagai salah satu bentuk pemandangan, menuruni bukit dan berjalan di antara dinding untuk masuk masjid," kata tim. "Proyek ini terus memunculkan ketegangan antara buatan manusia dan alam."

Bikin kagum, masjid di Turki ini sangat indah bentuknya mirip gua

"Kontras antara tangga batu alam yang mengikuti kemiringan alami dari pemandangan dan plat beton bertulang tipis yang mencakup lebih dari enam meter untuk membentuk kanopi membantu meningkatkan hubungan ganda ini," tambah mereka.

Masjid ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena bentuknya yang tidak biasa memang dirancang para arsitek untuk memunculkan nuansa masjid dengan esensi sebagai ruang agama bukan hanya bentuk semata.

 

JANGAN LUPA BACA JUGA:

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

Masjid unik, dibangun pekerja Kristen dan dicat warna pink

Masjid terapung pertama di Indonesia, miliki panorama luar biasa!

Ini lho masjid tertua di Indonesia