Brilio.net - Tak dapat dipungkiri bahwa Jogjakarta menyimpan sejuta tempat wisata. Mulai dari wisata alam, edukasi hingga sejarah, semua ada di Jogjakarta. Namun jika kamu ingin menikmati suasana liburan yang santai dengan budget minim, alun-alun kidul (alkid) bisa jadi alternatif menyenangkan.

Terletak sekitar 400 meter dari selatan keraton, alun-alun kidul merupakan lapangan besar dengan dua pohon beringin kembar di tengahnya. Konon katanya jika kamu bisa berjalan melewati tengah-tengah dua pohon kembar tersebut dengan mata tertutup, maka keinginan kamu biss terwujud. Mitos ini membuat banyak orang penasaran.

Berani terima tantangan melewati beringin kembar di Alkid Jogja?

Berani terima tantangan melewati beringin kembar di Alkid Jogja?

Untuk menuju alkid, wisatawan bisa melalui rute mana saja, dari keraton tinggal jalan saja ke arah selatan sekitar 5-10 menit dengan kendaraan bermotor. Jika kamu naik Trans Jogja bisa turun di halte Malioboro 3 atau Taman Pintar, setelah itu berjalan kaki selama 20 menit. Jika capek bisa menggunakan transportasi becak dengan cukup membayar Rp 20. 000 saja.

Selain pohon beringin kembar, alkid juga menyajikan berbagai jenis kuliner. Ada puluhan pedagang yang menjajakan berbagai makanan seperti bakso, sate, cireng, telur goreng dan lain-lain. Harganya pun juga murah meriah mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 10.000.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi alkid adalah sore hari. Kamu bisa bersantai-santai di rerumputan sambil menikmati senja. Menjelang malam hari alkid tambah semarak dengan kerlap kerlip becak cinta. Becak cinta sendiri adalah sejenis kendaraan berisi 4-6 penumpang yang dibentuk mirip mobil, namun cara menjalankannya dengan dikayuh bersama. Kamu bisa menyewanya dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per satu putaran alkid. Tertarik mencoba?

Berani terima tantangan melewati beringin kembar di Alkid Jogja?