Brilio.net - Penyakit meningitis yang telah merenggut nyawa seorang Olga Syahputra tentunya bukanlah penyakit yang biasa. Hanya dalam hitungan hari, penyakit ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan bisa berakhir kepada kematian.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut brilio.net kumpulkan berbagai cara pencegahan penyakit meningitis seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu (29/3):

1. Menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan dengan sabun dan air hangat terutama pada bagian sela-sela kuku. Setelah itu bersihkan dengan handuk bersih. Begitu juga saat selesai BAB maupun mengganti popok diwajibkan selalu mencuci tangan.

2. Menutup hidup saat bersin atau batuk. Lebih tepatnya memakai masker saat berpergian karena penyakit meningitis ini bisa menular melalui udara bersin maupun dahak orang.

3. Menggunakan anti biotik saat bersama orang yang mengidap penyakit meningitis agar tidak tertular virus.

4. Hindari berbagi gelas, botol air ataupun rokok dari orang lain karena kita tidak tahu apakah orang tersebut mengidap penyakit tertentu.

5. Vaksinasi. Penyakit meningitis biasanya diderita oleh anak-anak yang terinfeksi virus cacar air, polio, gondok, campak dan rabies, oleh karena itu vaksinasi sejak kecil sangat dibutuhkan. Beberapa vaksin meningitis adalah vaksi HiB (Haemophilus Influeza type B), MMR dan IPD (Invasive Pneumococcal Disease).

6. Hindari gigitan nyamuk, karena virus meningitis biasa dibawa oleh nyamuk. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kamar, membersihkan selokan dan membuang sampah pada tempatnya.

7. Makan makanan bergizi dengan nutrisi seimbang dan tepat waktu.