Brilio.net - Keberadaan dan fungsi gadget tidak sekadar untuk berkomunikasi saja, bahkan gadget pun dapat membantu segala rutinitas manusia bahkan rutinitas ibadah, salah satunya membaca Alquran. Kini gadget telah menyediakan berbagai aplikasi Alquran yang dapat didownload secara gratis.

Di Ramadan ini tentunya kamu ingin menambah amalan baikmu, salah satunya dengan membaca Alquran. Lalu, bagaimana hukumnya membaca Alquran di gadget?

Dikutip brilio.net Kamis (18/6) dari buku "Dari Jilboobs Hingga Beda Agama" yang ditulis oleh Awy A. Qolawun, perihal hukum membaca aplikasi Alquran yang ada di gadget ternyata sama halnya dengan membacanya secara manual.

Contohnya, sebelum membaca Alquran manual maka kita diwajibkan untuk bersih dari segala hadis dalam kata lain harus mengambil wudhu, seperti itu pun hukum dengan membaca Alquran di aplikasi gadget.

Selain itu, tidak diperkenankan untuk membuka aplikasi Alquran saat berada di WC atau tempat-tempat lainnya yang membatalkan wudhu tentunya. Wanita yang sedang haid tidak diperkenankan membaca Alquran termasuk aplikasi Alquran yang ada di gadget. Sebab apapun itu, yang membedakan hanyalah wujudnya saja, karena ayat-ayat Allah yang akan dibaca, sehingga berada dalam keadaan suci adalah salah satu keharusan.

Begitulah hukum aplikasi Alquran yang dijelaskan oleh Awy A. Qolawun. Semoga bermanfaat ya, selamat menambah amalan Ramadan.

BACA JUGA:

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya