Brilio.net - Inovasi mahasiswa saat ini tampaknya semakin beragam saja ya. Setelah sebelumnya ada helm untuk charger ponsel, briket dari kain perca, sekarang ada satu lagi inovasi mahasiswa yang tak kalah hebatnya yang bernama ATiNEC.

ATiNEC merupakan aplikasi untuk mengetahui sifat seseorang dengan cara memproses sinyal otak manusia (EEG). Aplikasi modern ini dibuat oleh Ahmad Reza Musthafa yang saat itu menempuh pendidikan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

"Inovasi ini dilatarbelakangi keinginan untuk melakukan penelitian dengan memanfaatkan sinyal otak manusia. Setelah melakukan konsultasi dengan dosen, akhirnya tercetuslah ide pembuatan ATiNEC ini," cerita Reza kepada brilio.net, Kamis (30/7).

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat mengetahui sifat seseorang hanya dalam waktu tiga menit. Dan cara penggunaannya sendiri cukup mudah yaitu seseorang cukup memakai perangkap perekam sinyal EEG pada kepala sebelum kemudian dilakukan pengecekan status konektivitas pada aplikasi ATiNEC.

Setelah terhubung, baru si pengguna bisa memilih menu aplikasi sesuai keinginan. Aplikasi yang sudah di uji cobakan ke lebih dari 100 orang pada 2014 ini sendiri sudah beberapa kali unggul dalam lomba-lomba bergengsi salah satunya adalah juara 1 Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2013 lalu.

"Ke depannya memang ada rencana untuk ke arah dunia bisnis, kemungkinan dengan karya yang lebih merakyat dengan target lebih luas," ujar Reza yang saat ini melanjutkan pendidikan S2 Teknik Informatika di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.