Brilio.net - Belakangan ini, banyak cerita yang menghebohkan dari dunia penerbangan di Indonesia. Peristiwa-peristiwa ini, meski terdengar konyol, sesungguhnya membuat miris dan cukup membahayakan bagi para penumpang. Hal itu selain banyak diperbincangkan oleh netizen juga menjadi tolok ukur kualitas penerbangan tanah air.

Berikut 7 peristiwa menghebohkan dalam dunia penerbangan di Indonesia, yang berhasil brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/11):

1. Seorang pria menyusup ke dalam roda pesawat

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: dailymail.co.uk
Layaknya film action Hollywood, seorang pria menyusup ke dalam ruang roda pesawat. Pria tersebut bernama Mario Steve Ambarita. Insiden ini terjadi dalam penerbangan Garuda Indonesia tujuan Pekanbaru-Jakarta.

Kejadian tersebut sempat menghebohkan netizen, lantaran cara ia menyusup luar biasa. Mario menerobos pagar bandara dan masuk ke landasan, ia menunggu pesawat berhenti sejenak, kemudian lari masuk ke rongga roda pesawat. Setelah diketahui, ternyata aksi Mario ini dilatarbelakangi keinginannya untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Ada-ada saja ya guys.
 
2. Kegerahan, penumpang buka paksa pintu darurat

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: merdeka.com
Gara-gara AC pesawat tidak dingin, seorang penumpang membuka paksa pintu darurat pesawat. Insiden ini terjadi dalam penerbangan Lion Air rute Manado-Jakarta pada tahun 2013. Penumpang tersebut nekat membuka pintu darurat pesawat yang masih berada di landasan Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Aksi tersebut terjadi lantaran pilot dan pramugari tidak menanggapi protes dari para penumpang yang merasa kepanasan. Akibatnya pesawat yang sudah mau take off harus kembali lagi ke landasan. Duh!

3. Roy Suryo diusir dari dalam pesawat

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya?

foto: kapanlagi.com
Kejadian heboh juga pernah dialami oleh Roy Suryo saat menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Kisah ini bermula ketika Roy Suryo dan istrinya duduk di kursi yang sama dengan penumpang lain.

Setelah adu mulut cukup lama, ternyata Roy memang salah melihat jadwal penerbangan. Mestinya dia menggunakan pesawat satu setengah jam berikutnya. Roy pun turun dari pesawat setelah diprotes beramai-ramai oleh penumpang.

4. Pramugari Garuda salat di tengah penerbangan

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: rinaldimunir.wordpress.com
Netizen sempat dihebohkan dengan kemunculan foto inspiratif dari seorang pramugari cantik Garuda Indonesia. Foto ini diambil oleh Eddie Putra, seorang fotografer dari Malaysia tanggal 2 Mei 2014 lalu.

Dia lalu mempostingnya di akun Facebook. Foto pun akhirnya tersebar luas. Netizen juga beramai-ramai melontarkan berbagai pujian lewat media sosial.

5. Pejabat pukul pramugari

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: merdeka.com
Alih-alih mematikan ponsel saat penerbangan, seorang pejabat malah memukul sang pramugari. Kejadian menghebohkan ini dialami pramugari Sriwijaya Air, Nur Febriani.

Kejadian bermula saat Febriani menegur Zakaria untuk mematikan telepon genggam miliknya. Bukannya mematikan ponsel, yang terjadi Zakaria malah marah-marah dan memukul pramugari.

6. Pilot 'tawarkan' pramugari ke penumpang

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: boomee.co
Kejadian menghebohkan lagi-lagi membuat malu dunia penerbangan Indonesia. Baru-baru ini seorang pilot maskapai Lion Air, menawarkan pramugari berstatus janda kepada para penumpang di dalam pesawat. Parahnya lagi, tawaran itu disampaikan sang pilot melalui pengeras suara yang ada di dalam pesawat.

Kejadian ini kemudian dilaporkan oleh penumpang bernama Lambertus Maengkom. Dikutip oleh brilio.net (19/11) dari merdeka.com, Lambertus menceritakan, pilot Lion Air itu menawarkan pramugari janda kepada penumpang sebagai kompensasi delay. Kejadian ini membuat penumpang ketakutan dan bertanya-tanya apakah pilot dalam kondisi tidak sehat, mabuk, atau dalam pengaruh narkoba. Waduh!

7. Suara desahan dari dalam kokpit

7 Kejadian ini bikin heboh dunia penerbangan Indonesia, apa saja ya? foto: anekainfounik.net
Masih dalam penerbangan yang sama. Selain menawarkan pramugari berstatus janda kepada para penumpang di dalam pesawat. Terdengar juga suara desahan dari dalam kokpit. Belum terkonfirmasi apa yang sebenarnya terjadi di dalam kokpit.

Pengakuan ini juga dilaporkan oleh orang yang sama, yaitu Lambertus Maengkom. "Terdengar suara aneh dan mendesah selama penerbangan, Ini terjadi saat pesawat take off, dan lampu kabin dimatikan," kata Lambertus, dikutip dari Merdeka.com.