Brilio.net - Media sosial Twitter memang menjadi salah satu media paling cocok untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakan para netter. Tak jarang isu tersebut pun menjadi pusat perhatian banyak pihak. Berikut ini lima Tranding Topic yang sempat gegerkan Tanah Air, yang brilio.net rangkum dari jejaring Twitter Sabtu (19/9).

1. #SudahlahJokowi

5 Tagar di Twitter ini pernah gegerkan Tanah Air

Pembahasan mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ramai di jejaring sosial media Twitter. Kali ini tagar #sudahlahjokowi bahkan memuncaki trending topic pada Selasa, 30 Juni 2015. Netizen mengaitkan tagar ini dengan adanya pemberitaan seputar menteri dalam jajaran kabinet yang menghina Jokowi. "Dibilang nggak ngerti apa-apa sama menterinya sendiri... :( #sudahlahjokowi," kata pemilik akun @zarryhendrik.

2. #IWantSBYBack

Loading...

5 Tagar di Twitter ini pernah gegerkan Tanah Air

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Rabu, 9 September 2015 merayakan hari ulang tahun ke-66. Penghuni Twitter banyak yang mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada ketua umum Partai Demokrat tersebut. Di tengah hari ulang tahun SBY, putra bungsu SBY, Edhie Baskoro mengatakan banyak yang bilang I Want SBY Back. Sontak, pernyataan Ibas tersebut mendapat berbagai rekasi di lini masa Twitter. Tagar #IWantSBYBack langsung menjadi salah satu trending topic Twitter per 9 September 2015.

"Yg bilang I Want SBY Back itu bukan rakyat, tpi mafia, dan koruptor yg rindu kepemimpinan SBY yg bebas korupsi iyah kan kk @Edhie_Baskoro," cuit akun @hadie_yantoo. "Mana ada rakyat kecil bilang I Want SBY Back, paling para koruptor, mafia proyek yg bilang gitu ke kk @Edhie_Baskoro ngarangnya bisa aja!."

3. #SaveHajiLulung

5 Tagar di Twitter ini pernah gegerkan Tanah Air

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung menjadi bahan guyonan netizen di Twitter. Bahkan, hingga Jumat, 6 Maret 2015, tagar #SaveHajiLulung sudah menjadi trending topic dunia. Hal itu merupakan imbas kisruh mediasi antara Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan DPRD tentang RAPBD 2015 terkait dana siluman Rp 12,1 triliun. "Kalo haji lulung yang dipanggil ntar malah penyidik Bareskrimnya yg dimintai keterangan sama dia ckckc #savehajilulung," kata @DebbyMaddova

4. #SaveKPK

5 Tagar di Twitter ini pernah gegerkan Tanah Air

Seiring dengan mengemukanya informasi bahwa akan adanya perubahan Undang-undang KPK dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang telah ditangkap oleh Bareskrim Polri, Jumat 23 Januari 2015, memancing reaksi dari para pengguna internet di Indonesia. Kini tagar #SaveKPK pun muncul sebagai trending topic di Twitter. Sebagian besar masyarakat pengguna internet di Indonesia melalui Twitter menyuarakan komentar bernada miring terkait penangkapan wakil ketua KPK oleh polisi. Masyarakat menduga lembaga antikorupsi tersebut kini sedang menjadi korban "serangan" dari pihak Kepolisian. "Yang mengusulkan UU pemberantasan korupsi dipangkas pasti punya kepentingan di dlmnya #saveKPK"

5. #ShameOnYouSBY

5 Tagar di Twitter ini pernah gegerkan Tanah Air

Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati pemilihan kepala daerah lewat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menuai reaksi publik. Mereka menumpahkan kekecewaan lewat Twitter dengan tagar #ShameOnYouSBY. Tagar ini menjadi trending topic di media sosial tersebut. Akun @LusianaWati14, misalnya. Dia mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada masa awal pemerintahannya mengadakan pemilihan kepala daerah langsung. Tapi pada akhir pemerintahannya sistem ini malah dihapus dan Indonesia kembali ke cara sebelumnya, yakni pemilihan melalui DPRD. "Now menjelang pensiun malah ditiadakan, sungguh DRAMATIS #shameOnYouSBY."