Brilio.net - Di 5 kota ini, kamu akan menjumpai warga setempat masih berlalu lalang di jalan meski sudah larut malam. Di samping itu, kamu bisa meletakkan laptop atau dompet di sembarang tempat tanpa khawatir diambil orang lain. Kota apa saja kah itu?

Sebuah lembaga kajian independen, The Economist Intelligence Unit (EIU), baru-baru ini merilis daftar kota paling nyaman dan aman di dunia. Daftar tersebut dirangking berdasarkan sejumlah faktor, di antaranya keselamatan pribadi, stabilitas infrastruktur, stabilitas kesehatan dan teknologi keamanan digital.

Selain itu, warga setempat juga diwawancarai tentang alasan mereka tinggal dan hal apa saja yang membuat mereka merasa nyaman dan aman tanpa harus tertekan dengan aturan. Dilansir dari BBC, Senin (13/7), berikut 5 kota paling aman di dunia.

1. Osaka, Jepang

5 Kota ini dinobatkan jadi kota paling aman di dunia, seperti apa?

Bersama Tokyo, Osaka menjadi kota paling aman di muka bumi. Banyak warga setempat sering kali meninggalkan barang berharga mereka begitu saja di kafe ketika mereka pergi untuk meminta pesanan. Karena Osaka merupakan kota bisnis, maka banyak orang yang baru pulang kerja ketika sudah larut malam. Meski demikian, kondisi keamanan kota tetap terjaga.

2. Amsterdam, Belanda

5 Kota ini dinobatkan jadi kota paling aman di dunia, seperti apa?

Kota paling aman selanjutnya adalah Amsterdam. "Saya merasa sangat aman," kata Toni Hinterstoisser, seorang general manager di Andaz Amsterdam Prinsengracht, yang pindah dari New York City tiga tahun lalu. Menurutnya, masyarakat Amsterdam sangat santai dan tidak mudah mengalami stres.

3. Sydney, Australia

5 Kota ini dinobatkan jadi kota paling aman di dunia, seperti apa?

Meski menjadi kota terbesar di Australia, Sydney merupakan sebuah kota yang sangat berorientasi dengan kemananan. "Warga kami saling menjaga," kata Richard Graham, warga setempat. "Jika ada seseorang terlihat mencurigakan, kami akan memberitahu tetangga kami, dan informasi akan menyebar dari mulut ke mulut sehingga kami bisa selalu waspada." Di Sydney, kamu akan mudah menjumpai kafe-kafe pinggir jalan dan orang yang berjalan kaki.

4. Singapura

5 Kota ini dinobatkan jadi kota paling aman di dunia, seperti apa?

Singapura merupakan negara yang sangat memperhatikan keamanan. Polisi di sana mendapatkan gaji yang sangat tinggi sehingga mereka bisa fokus dan mendedikasikan 100% waktu mereka untuk melayani masyarakat. Selain itu, seperti di Osaka, kamu bisa meletakkan tas atau ponsel di meja kafe lalu ditinggal pergi untuk memesan menu di kasir. Karena jika seseorang tertangkap tangan mencuri, hukumannya sangat besar.

5. Stockholm, Swedia

5 Kota ini dinobatkan jadi kota paling aman di dunia, seperti apa?

Selain dinobatkan menjadi kota paling aman, Stockholm adalah kota yang nyaman untuk anak-anak. "Ada arena bermain yang jauh dari lalu lintas dan ada banyak taman hijau tepat di pusat kota," ujar Kat T, turis asal London. Meski tidak seramai London, Kat mengungkapkan kehidupan yang santai di kota Stockholm membuat dirinya tenang dan damai.

BACA JUGA:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9