Brilio.net - Tren mendaki gunung memang tengah digemari anak muda. Nggak kalah sama laki-laki, perempuan juga banyak yang hobi naik gunung dan mereka juga mampu menaklukkan puncak gunung tertinggi lho. Keren kan?

Nah, buat ladies yang pemula dan berniat belajar mendaki gunung, ada banyak tipsnya. Selain jaga fisik, masalah teknis juga butuh diperhatikan. Bukan karena cewek identik dengan ribet tapi memang karena keperluan perempuan yang lebih banyak daripada laki-laki.

Makanya simak 14 tips mendaki gunung yang dirangkum brilio.net agar pendakianmu lancar jaya ya, Rabu (25/11):

1. Siapkan fisikmu

foto: www.hdwallpaperscool.com
Fisik itu faktor penting untuk kesuksesan naik gunung. Biasakan olahraga sebelum mendaki gunung, minimal seminggu sebelum naik gunung, kamu rutin berolahraga ringan seperti joging.

2. Lakukan pemanasan

foto: www.popsugar.com
Melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung itu penting. Jangan menyepelekannya, kamu wajib melakukan pemanasan. Akan lebih asyik kalau dilakukan bersama temanmu.

"Kalau aku jelas yang disiapin wajib itu fisik dulu, minimal pemanasan dikit-dikit biar kaki nggak kram," kata Daniar Ramadhani, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

3. Perisapkan baju ganti
 

foto: www.togetheragency.co.uk
Jangan sampai kamu nggak bawa baju ganti, karena itu penting. Di saat naik gunung pasti berkeringat, waktu malam keringat itu bisa bikin kamu kedinginan. Jadi kamu harus ganti baju.

"Kalau musim kemarau, aku bawa 2 baju, 1 celana, dan 2 jilbab. Kalau musim hujan, harus lebih banyak bawanya," ungkap Daniar.

4. Jangan ketinggalan baju dalam

foto: www.surfdome.com
Jangan sampai kamu lupa bawa celana dan baju dalam ya. Kan, kamu nggak mau gatal-gatal waktu di puncak. Pastikan kamu bawa beberapa pasang, jangan kebanyakan juga kalau kira-kira nggak lama pendakiannya.

5. Persiapkan makanan dengan tepat

foto: www.surfdome.com
Karena naik gunung membutuhkan banyak energi, kamu juga harus mempersiapkan asupan gizimu di sana. Ada yang suka simpel, bawa mi instan atau bubur instan. Tapi, kamu juga bisa bawa sayur, coklat, dan makanan lain yang mudah dibawa. Tetapi jangan tidak makan dan jangan kebanyakan makan juga lho.

6. Pilih sepatu gunung yang pas

foto: play.google.com
"Kalau dari sepatu, kalau bisa sepatu trekking,  kalau nggak ada ya sandal gunung nggak masalah asal jangan lupa mamakai kaos kaki untuk menghindari lecet dan panas matahari," jelas Daniar.

Sepatu trekking akan membantumu melewati medan yang susah, di gunung kan bukan jalan beraspal, ladies. Jangan sampai kamu pakai sepatu model-model buat gaya karena akan merepotkan dirimu sendiri.

7. Hitung tanggal menstruasimu, pastikan bawa pembalut

foto: play.google.com
Kalau kamu sering sakit perut saat menstruasi, pertimbangkan kembali untuk naik gunung. Tapi, kalau kamu merasa baik-baik saja, pastikan bawa pembalut ya.

2 dari 2 halaman


8. Pakai tas gunung yang nyaman

foto: www.goodwp.com
"Kalau dari tas, misalnya nggak ada carier bisa pakai daypack atau tas yang nyaman," ujar Daniar.

Jangan pakai tas yang nggak nyaman di pundakmu. Barang bawaanmu sudah berat, kalau tasmu nggak nyaman dipakai, pendakianmu akan terasa berat.

9. Bawa tisu basah dan tisu kering

foto: www.incontinenceshop.com
Karena perempuan memang jauh lebih peduli tentang kebersihan, pastikan bawa tisu kering dan tisu basah ya.

10. Jangan nahan pipis

foto: www.adventurewomen.com
Kalau kamu ingin buang air kecil atau besar, jangan ditahan karena malu. Kamu bisa sakit perut kalau menahannya. Di gunung kamu harus terbiasa buang hajat di alam terbuka. Pilihlah tempat yang senyaman mungkin dan tersembunyi.

11. Kalau kamu lelah jangan lupa istirahat

foto: thatsmycoffee.com
Jangan ragu untuk meminta waktu istirahat. Teman-temanmu pasti akan memahaminya, lagi pula jika memaksakan terus berjalan tidak baik untuk fisikmu.

12. Pastikan kamu membawa jaket tebal

foto: andrewskurka.com
Angin gunung itu dingin, kalau kamu nggak bawa jaket tebal bisa-bisa kamu masuk angin. Selain itu, pastikan juga kamu membawa sleeping bag untuk tidurmu di malam hari.

13. Katakan jujur kalau kondisi fisikmu tidak kuat


foto: www.freewheellifeblog.com
Jika kamu sudah sangat lelah atau kamu merasa sakit perut dan pusing, katakan pada temanmu. Kondisi seperti ini bisa membahayakan dirimu sendiri kalau tidak segera ditangani.

14. Bawalah sampahmu turun gunung

foto; www.nbcnews.com
Sebagai seorang pecinta alam, jangan sampai kamu mengotori gunung. Bawalah sampahmu turun gunung. Apalagi pembalut, tisu, dan sampah makanan, pokoknya harus dibawa turun semua.