Brilio.net - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong melalui akun Facebooknya mengungkapkan bahwa ia pernah membuat program Sudoku solver.

Program itu dibuatnya beberapa tahun lalu dalam C++. Anak pertama PM Singapura pertama Lee Kuan Yew ini juga menyertakan link downloadnya sehingga siapa pun bisa mengakses program tersebut.

PM yang masih aktif menjabat dan merangkap menteri keuangan ini mengungkapkan, program itu sangat dasar, hanya memanfaatkan command prompt dalam DOS window. Dengan mengetikkan data baris per baris, (semisal 1-3-8---6), kemudian solver akan mencetak rumus solusi, jumlah tahapan program ketika pencarian solusi, dan statistik pencarian.

Pria lulusan Cambridge University dan Harvard University ini mengupload gambar program Sudoku solver yang dia buat pada Senin (4/5). Baru dua jam mengupload, sudah 3000-an orang yang membagikan gambar tersbut.

10 Ribu lebih netizen sudah membagi program Sudoku PM Singapura, wow!
Banyak pujian yang disampaikan netizen di kolom komentar. Sebelumnya, Lee pernah menyampaikan hal ini dalam Founder Forum Smart Nation Singapura pada 20 April 2015.

Di akhir penjelasannya, Lee berharap masyarakat menikmati permainan ini, serta jika ada gangguan segera hubungi dia.