Brilio.net - Setting tempat sebuah film memang merupakan salah satu hal penting yang mendukung suksesnya sebuah film. Seperti The Hunter, film sukses yang menggambarkan kehidupan di hutan. Atau film Leonardo DiCaprio, The Wolf of The Wall Street, yang mengambil setting kehidupan di Wall Street, sebuah nama jalan di pinggiran kota Manhattan di New York.

Begitu juga film yang memakai setting tempat di penjara, bukan hal mudah untuk menggambarkan kehidupan di penjara. Tapi, tak sedikit film yang mengambil setting di penjara dan digarap dengan mengesankan. Misalnya saja, The Shawsank Redemption, film yang mengambil setting di penjara ini menempati peringkat pertama IMDb.

Film keren apa saja ya yang mengambil setting di penjara? Yuk, simak 10 film keren yang mengambil setting di penjara yang dirangkum brilio.net, Selasa (1/12).

1. The Bridge on the River Kwai (1957)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.doctormacro.com
Film yang disutradari oleh David Lean ini berkisah tentang Perang Dunia II. Dibintangi oleh William Holden, Jack Hawkins, Alec Guinnes, dan Sessue Hayakawa, film ini dibuat berdasarkan novel Le Pont de la Riviere Kwai (1952) karya Pierre Boulle.

Film ini berkisah tentang para tahanan Inggris di Burma, Myanmar, yang dipaksa membuat pembangunan jembatan kereta api yang akan menghubungkan Bangkok dan Rangoon. Beberapa tahanan mencoba melarikan diri dengan dibantu oleh warga sekitar. Film ini memperoleh banyak penghargaan salah satunya adalah Piala Oscar untuk penyutradaraan terbaik 1958.

2. Escape from Alcatraz (1979)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: didyouseethatone.com
Film yang disutradarai oleh Don Siegel ini diambil diadaptasi dari buku non fiksi dengan judul sama karya J Campbell Bruce. Kisah ini juga mengadaptasi kehidupan di di Pulau Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat. Dikisahkan, sekelompok tahanan mencoba melarikan diri dari penjara Al Catraz, tempat dimana tak pernah satu orang pun sukses melarikan diri.

3. Bad Boys (1983)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.freemovie.su
Film yang disutradarai oleh Rick Rosenthal ini dibintangi oleh Sean Penn, Reni Santoni, Jim Moody, dan Esai Morales. Film ini berkisah tentang Mick O'Brien (Sean Penn), seorang remaja berusia 16 tahun dari Chicago. Ia ditahan karena membunuh seorang anggota geng. Ia kemudian harus menghadapi kerasnya kehidupan dalam penjara yang setiap saat mengancam nyawanya.

4. The Shawshank Redemption (1994)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.impawards.com
The Shawshank Redemption adalah film drama Amerika Serikat yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Diadaptasi dari novel karya Stephen King berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption, film ini menceritakan kisah Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir 20 tahun di Shawshank State Prison atas pembunuhan istri dan selingkuhannya meski ia mengklaim tidak melakukannya. Di penjara, ia berteman dengan Ellis Boyd "Red" Redding dan dilindung para penjaga setelah kepala penjara memanfaatkannya dalam operasi pencucian uang.

5. In Hell (2003)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: movie.info
Film yang disutradarai oleh Ringo Lam ini berlatar di penjara Rusia. Dikisahkan, Kyle LeBlanc (diperankan oleh Van Damme) harus menjalani hukuman seumur hidup setelah membunuh orang yang menembak mati istrinya. Mirip dengan film Gladiator, dalam film ini para penghuni penjara akan bertarung setiap hari antar tahanan hingga ada korban jiwa. Sementara itu, kepala penjara dan pejabat lainnya hanya menonton dan bertaruh atas perkelahian tersebut.

6. The Longets Yard (2005)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.movieinsider.com
Film yang diremake dari film berjudul sama yang dirilis tahun 1974 ini disutradarai oleh Peter Segal. Film ini berkisah tentang Paul Crewe (diperankan oleh Adam Sandler), seorang mantan pemain football Amerika yang ditahan setelah mabuk dan menyebabkan kerusuhan di jalan raya. Ia harus menjalani masa tahanan tiga tahun diu Penjara Federal Texas.

Di penjara inilah, ia kemudian membuat sebuat tim football yang akan ditandingkan dengan tim dari kepolisian penjara tersebut. Crewe pernahy diketahui melakukan kecurangan ketika masih aktif sebagai pemain football dengan mengatur skor pertandingan. Dalam film tersebut, ia ditawariu untuk bebas jika ia mau mengalah pada tim lawan. Keputusan penting dalam hidupnya ini kemudian mengubah jalan hidup seorang Paul Crewe.

7. Gridion Gang (2006)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.amazon.com
Film ini dibuat berdasarkan film dokumenter dengan judul sama yang dibuat tahun 1993. Film drama olahraga ini disutradarai oleh Phil Joanou. Dikisahkan, Sean Porter (diperankan Dwayne Johnson "The Rock") adalah pekerja di Pusat Tahanan Kilpatrick di Los Angeles. Ia frustasi karena tidak dapat membuat anak-anak emnjauh dari masalah hidup mereka setelah dilepaskan dari penjara anak, seperti geng jalanan dan penggunaan obat terlarang. Film ini cukup bagus, dengan tidak melepaskan sifat kanak-kanak pada seorang tahanan anak.

8. Hunger (2008)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: www.impawards.com
Film yang disutradarai oleh Steve McQueen ini dibintangi oleh Michael Fassbender, Liam Cunningham, dan Liam McMahon. Film ini berkisah tentang aksi pemogokan makan dan mencuci yang dilakukan tahanan Republik Irlandia untuk menuntut status politik mereka yang dicabut oleh pemerintah Inggris pada tahun 1976.

9. Serigala Terakhir (2009)

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: serigalaterakhir.wordpress.com
Film yang disutradarai oleh Upi Avianto ini memang tidak semua kisahnya ada di penjara. Namun, dalam bagian film ini, dikisahkan Jarot (diperankan Vino G Bastian) harus menjalani hari-hari di penjara setelah tertangkap polisi karena memukul seseorang hingga meningal menggunakan batu. Kehidupan dalam penjara yang keras digambarkan apik dalam film yang dirilis 5 November 2009 tersebut.

10. The Raid 2

10 Film dengan setting penjara ini paling keren sepanjang masa

foto: kukirakira.com
Film yang dibintangi Iko Uwais ini sempat sangat terkenal ketika rilis tahun 2012. Dalam salah satu bagian film ini dikisahkan Rama (Iko Uwais) harus menjalani kehidupan di penjara untuk mendekati anak seorang mafia. Kehidupan dan perkelahian di dalam penjara yang digambarkan The Raid 2 menjadi salah satu daya tarik film seni bela diri ini.