Brilio.net - Selama ini kebanyakan orang percaya bahwa magnet maupun benda-benda yang mengandung magnet harus dijauhkan dari perangkat smartphone. Katanya sih, magnet itu bisa merusak layar smarpthone apabila terlalu sering berdekatan dengannya. Serius? Tapi kenapa banyak aksesoris handphone justru menggunakan bahan magnet ya?

Menurut Matt Newby dari first4magnets.com, seperti dikutip brilio.net dari Digital Trends, Sabtu (20/6), kebanyakan magnet, termasuk yang daya tarik menariknya paling kuat sekalipun, ternyata tidak memberikan efek berarti terhadap perangkat smartphone. Bahkan produk televisi modern serta smartphone terbaru menggunakan layar yang bebas dari pengaruh magnet.

Jika ada perangkat yang rentan terhadap induksi magnet, hal itu hanya terjadi jika pengguna menggunakan peralatan elektronik yang kuno atau sudah ketinggalan zaman, di mana saat itu monitor atau televisi berteknologi CRT bisa terdistorsi akibat medan magnet.

Alat elektronik modern seperti smartphone, masih menurut Matt, tidak akan berdampak oleh medan magnet. Bahkan jika kita mempreteli isi bagian dalam smartphone, komponen di dalamnya pun menggunakan magnet lho, seperti kompas digital atau magnetometer.

Satu-satunya hal yang mungkin berpengaruh terhadap magnet adalah penggunaan aplikasi kompas yang biasanya terdapat dalam fitur pemetaan seperti Google Maps. Jika komponen smartphone tertarik oleh magnet, maka kalibrasi kompas menjadi susah untuk mengidentifikasi arah yang benar. Tapi pada dasarnya penggunaan aksesori mengandung magnet tidak berpengaruh negatif terhadap komponen smartphone itu sendiri.

BACA JUGA:

Tinggalkan gadgetmu, ada baiknya kamu mulai coba nulis diary lagi

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun

5 Efek membahayakan buat kamu yang sudah kecanduan gadget

VIDEO: Bejo banting tulang saban hari demi impian punya tangan palsu

Kuat tidaknya jabatan tangan bisa prediksi resiko serangan jantung