Brilio.net - Saat sedang berada di pom bensin, kamu pasti sering melihat beberapa larangan. Di antaranya adalah dilarang menggunakan handphone (HP) saat mengisi bensin. Wah, kenapa ya? Padahal handphone kan bukan barang berbahaya.

Alasan tersebut ternyata bukan tanpa alasan, ternyata handphone mampu mengeluarkan bunga api akibat radiasai yang bisa berakibat pada ledakan. Meskipun bunga api tersebut kecil sekali, yaitu seukuran 1 mikron namun tetap saja berbahaya jika digunakan terus-terusan.

Selain itu lampu LED pada handphone juga berbahaya. Lampu Led HP berbeda dengan lampu lainnya yang beredar di pasaran. Lampu LED HP bersifat terbuka, dimana langsung terlihat filamen diodanya dan berhubungan lansung dengan udara bebas. Nah, pijar LED tersebut jika bersentuhan dengan uap bensin juga bisa menyebabkan ledakan. Wah, bahaya kan?

Meski terdengar kurang meyakinkan, namun kamu bisa membuktikannya dengan eksperimen kecil. Caranya sediakan teflon, tiga lembar kartu atau kertas, satu lembar aluminium foil yang diremas-remas hingga membentuk bola, bensin dan HP tentu saja.

Prosesnya adalah kamu tinggal meletakkan tiga kartu dan aluminium foil di atas teflon lalu siram dengan bensin. Setelah itu kamu tinggal mencoba menelpon seseorang dengan HP-mu di sebelahnya, dijamin aluminium foil itu tersebut bakal terbakar.

Jika masih belum percaya, tonton videonya di bawah ini:

Kecelakaan di pom bensin


Radiasi HP membakar aluminium foil di atas teflon