Brilio.net - Jejaring sosial ternyata bukanlah sebuah tempat berinteraksi semata. Sebagai contoh Twitter, media sosial temuan Jack Dorsey ini bisa memprediksi kapan kamu akan sakit. Terdengar tidak memungkinkan memang, akan tetapi ilmuwan asal University of Rochester, New York, Adam Sadilek telah membuktikannya, seperti dikutip brilio.net dari New Scientist, Selasa (26/5).

Penelitian ini dikerjakan oleh Adam bersama rekannya. Mereka hanya fokus meneliti pengguna Twitter di kota New York. Peneliti ini mengklaim bahwa prediksinya sangat akurat yakni pada level 90% untuk delapan hari mendatang. Penasaran bagaimana proses penelitiannya?

Adam dan rekannya menganalisa 4,4 juta kicauan dari pengguna Twitter di New York yang berjumlah 630.000 orang. Semua tweet tersebut juga berisi lokasi di mana para user nge-tweet. Dalam menganalisa data, mereka menggunakan sebuah mesin berbasis alogaritma untuk membedakan tweet yang berasal dari orang sakit dan sehat.

Dari data yang dikumpulkan, Adam bisa memetakan bagaimana antara orang yang sakit dan sehat berinteraksi. Sehingga, prediksi kapan seseorang akan sakit bisa diketahui. Meskipun temuan ini belum diterbitkan secara resmi, Adam telah menjalaskan gambaran umum tentang penelitian tersebut.

Adam berharap bahwa temuannya bisa menjadi dasar inovasi penemuan aplikasi smartphone yang bisa memberi peringatan tentang sebuah penyakit. Seperti flu, misalnya.

Loading...