Brilio.net - Gimana perasaanmu kalau punya teman yang cuek? Pelupa? Atau malah terlalu sensitif? Mau tahu kenapa mereka bisa seperti itu? Cek yuk, kemungkinan sifat mereka itu berasal dari golongan darah yang mereka miliki.

Berikut rangkuman brilio.net soal golongan darah dan persahabatan seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (24/3):

1. Golongan darah A, si perfeksionis
Orang yang bergolongan darah A biasanya mereka adalah tipe perfeksionis. Jeleknya, mereka ini sangat sensitif. Mereka ini tipe orang yang lebih suka mengerjakan semua pekerjaannya sendiri dan selalu ingin mencapai kesempurnaan. Makanya, kadang mereka sering jadi stress sendiri. Sifat sensitif mereka inilah yang kadang membuat mereka jadi nggak mudah bergaul dengan orang baru.

Cara menghadapinya: Sebagai teman, kita harus lebih berinisiatif untuk mengajak tipe golongan A ini. Misalnya, mau ke kantin, nonton film, atau cari buku di mall. Kamu harus berani untuk memulai mengajak mereka duluan, karena orang dengan golongan A ini adalah tipe orang yang pemalu dan tertutup, padahal dari semua golongan darah lainnya, tipe A ini adalah orang yang paling kreatif lho.

2. Tipe B, si cuek
Orang dengan golongan darah B ini biasanya blak-blakan dan lebih terkesan cuek. Mereka lebih memikirkan hasil dan paling individualis.

Cara menghadapinya: Keuntungan orang yang blak-blakan adalah kita bisa memberikan masukan atau kritik padanya tanpa kita perlu takut dia akan merasa tersinggung. Tapi kamu perlu mengambil hatinya dulu dong, bertemanlah dengan akrab dengannya, setelah itu kamu bisa deh mengkomunikasikan segala unek-unek kamu tentang dia. Tapi ingat, kamu mesti tulus ya? Jangan cuma karena ingin mengeluarkan unek-unek, terus kamu jadi dekati dia deh. Jangaaannn!!

3. Tipe AB, si ragu-ragu
Orang yang bergolongan tipe AB biasanya punya kepribadian yang sulit dijelaskan. Kadang-kadang saking sulitnya, mereka sering dikira orang aneh. Gampang bergaul, tapi sering pemalu. Tapi juga sering ragu-ragu sama dirinya sendiri. Orang yang bergolongan darah B, sering berubah-ubah, bahkan dari satu titik ekstrem ke titik ekstrem lainnya. Nah lho!

Cara menghadapinya: Yang paling ngeselin dari orang bergolongan darah AB adalah mereka suka mengubah janji di last minute. Eeerrrrrgghh! Satu-satunya cara untuk akrab dengan golongan darah AB adalah kamu mesti beradaptasi dengan dunianya. Kamu juga mesti sabar ya?

4. Tipe O, si populer
Tipe O ini punya sifat yang tenang, kemauan keras, populer, gampang bersosialisasi, enerjik dan open minded. Berbahagialah kamu yang bergolongan darah O, karena mereka adalah tipe orang terbaik dari semua golongan darah. Jeleknya, saking gampangnya bersosialisasi, mereka jadi suka sembarangan dalam mengelola keuangan dan sering lalai mengerjakan pekerjaannya.

Cara menghadapinya: Tipe O ini sering memberikan ide-ide kreatifnya, tapi biasanya dia sering lalai kalau disuruh mengerjakan. Nah, caranya kamu mesti rajin-rajin mengkomunikasikan ke mereka. Saling mengingatkan adalah cara terbaik.