Brilio.net - Storage terbatas sering jadi kegalauan pengguna iPhone yang punya memori internal kecil, terutama ketika akan melakukan update iOS. Terpaksa deh, beberapa aplikasi harus dihapus terlebih dahulu. Tapi nih, di iOS9 nanti, pengguna iPhone nggak perlu susah-susah lagi melakukannya, karena ada fitur terbaru yang akan menghapusnya.

Menurut laman MacRumors yang dikutip brilio.net, Jumat (26/6), ada fitur baru yaitu kemampuan menghapus beberapa aplikasi untuk memudahkan proses OTA update. Nantinya jika proses update telah selesai, iOS 9 akan secara otomatis mengunduh dan instal lagi aplikasi tersebut.

Meski sistem akan menghapus aplikasi, tapi sebenarnya aplikasi yang sudah kamu download sebelumnya nggak benar-benar hilang kok. Dilansir juga dari Telegraph, sistem nantinya akan mengajukan pertanyaan auto-delete aplikasi sebelum melanjutkan proses update.

Tips iPhone: iOS9, hapus aplikasi tiap update

Fitur ini adalah salah satu jawaban dari janji Apple untuk membuat iOS 9 lebih ramah kepada perangkat iPhone 16GB atau 8GB. Nantinya pengguna dapat lebih mudah melakukan OTA update tanpa perlu kerepotan menghapus aplikasi secara manual dan mengembalikannya lagi. Ukuran file update iOS 9 juga kini telah dipangkas menjadi hanya 1,3 GB saja dari 4,8 GB yang ada iOS 8. Sehingga membuat proses update berjalan dengan cepat, mudah, dan efisien.

Sayangnya nggak ada catatan lebih detail mengenai jenis aplikasi yang menjadi prioritas untuk dihapus atau semacamnya. Lebih baik sih emang yang masuk dalam urutan pertama adalah stock app (aplikasi bawaan) yang nggak berhubungan dengan data. Atau aplikasi pihak ketiga yang berukuran ekstra besar dan punya fitur simpan dokumen di iCloud.

iOS 9 rencananya akan dihadirkan pada akhir tahun ini dan versi beta-nya akan digulirkan mulai bulan Juli mendatang. iOS 9 akan bisa dijalankan semua perangkat yang dapat menjalankan iOS 8.

BACA HOT NEWS:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

Suara Naruto ternyata berasal dari perempuan

Pacar Barbie meninggal karena kanker

Ternyata aksara Jawa Hanacaraka adalah sebuah puisi

VIDEO: Pelukan seorang ibu menghidupkan anaknya kembali

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik

BERITA POPULER LAINNYA:

Pesta pernikahan pasangan ini dijaga Power Rangers, dari mana asalnya?

Mengintip pernikahan Andien, bikin iri maksimal pengen cepet kawin

7 Sifat generasi millenial ketika menanggapi pernikahan