Brilio.net - Seberapa sering kamu merasakan lapar setiap harinya? Pasti lebih dari sekali dong. Lapar memang hal wajar yang terjadi pada metabolisme tubuh. Akan tetapi, rasa lapar juga bisa mempengaruhi dalam mengambil keputusan. Yang lebih mengejutkan ternyata rasa lapar bisa meningkatkan keinginan untuk belanja lebih banyak. Waduh!

Dikutip oleh brilio.net dari smithsonianmag.com, Jumat (24/4), bagi kamu kaum hawa yang biasanya lebih keranjingan shopping daripada laki-laki, lebih baik belanja pada saat perut dalam kondisi kenyang. Kedengarannya memang tidak masuk akal akan tetapi seorang ahli bernama Alison Jing Xu asal Universitas Mennesota telah membuktikan bahwa rasa lapar membuat nafsu belanja bisa jadi lebih tinggi. Jadi, kalau kamu lagi bokek, mending belanjanya ditunda aja.

Dalam risetnya, Alison tidak sendirian. Dia menggandeng rekannya melakukan survei ke beberapa department store dan meneliti 81 pembeli. Data lain yang dibutuhkan adalah kondisi emosi seseorang dan juga durasi waktu berbelanja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang berbelanja saat perut keroncongan melakukan pembelian produk non-makanan hingga 60% jika dibandingkan dengan orang yang tidak lapar. Alison menjelaskan bahwa rasa lapar pada seseorang bisa menimbulkan rasa 'serakah' pada pikiran. Hal inilah yang mendorong kamu berbelanja lebih banyak tidak peduli harga mahal atau diskon.

Bener apa nggak nih?