Brilio.net - Rasa was-was alias khawatir memang sangat mengganggu jika terlalu sering melanda. Tidak hanya memperkeruh pikiran, perasaan ini juga bisa membuat kamu terhambat untuk melakukan sesuatu. Jika kamu sering mengalami hal ini bisa jadi kamu terlalu banyak tidur. Dikutip oleh brilio.net dari Health, Rabu (29/7), ternyata ada hubungan yang positif antara banyak duduk dan rasa was-was.

Seorang ahli dari Deakin University, Australia, Megan Techenne mengungkap bahwa ternyata memang ada kaitannya rasa khawatir dengan duduk terlalu lama. Dalam kajian psikologi, rasa khawatir merupakan permasalahan yang serius bagi kondisi kejiwaan manusia. Meskipun begitu, studi ini memerlukan kajian lebih lanjut.

Dari 19 kajian yang dipublikasikan di jurnal BMC Public Health bahwa memang durasi duduk setiap hari yang dilakukan oleh orang-orang ternyata bisa mempengaruhi rasa was-was. Studi ini dilakukan terhadap orang dewasa dan juga anak-anak.

Selain itu, duduk terlalu lama karena menatap layar komputer, televisi, smartphone, dan peralatan elektronik lainnya juga bisa menyumbang peningkatan rasa khawatir. Meskipun belum ada penjelasan yang cukup kuat terkait dengan penelitian ini, hasilnya menunjukkan adanya pengaruh antara duduk dan rasa khawatir.

Meskipun begitu, temuan dari Megan ini dibenarkan oleh ahli psikiater klinik asal Amerika bernama Lenox Hill yang tidak terlibat dalam kajian tersebut. Lenox juga menekankan bahwa rasa cemas ini memang permasalahan yang komplek. Dan salah satu penyebabnya adalah duduk terlalu lama.