Brilio.net - WhatsApp merupakan salah satu layanan pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan menggunakan WhatsApp, kamu bisa saling mengirim pesan, foto, video, dan suara dengan orang lain secara mudah dan instan.

Munculnya berbagai layanan pesan instan seperti WhatsApp memang banyak mengubah cara berkomunikasi seseorang. Jika dulu ketika menggunakan SMS hanya bisa bertukar kata-kata, kini caramu berkomunikasi lebih berwarna dan menjiwai berkat kehadiran emotikon.

Seperti pepatah bilang: "A picture says thousand words," rasanya ada yang kurang jika obrolan kamu di WhatsApp tidak disisipi oleh emotikon, iya kan? Karena melalui simbol, ikon, simbol dan emotikon, kamu bisa mengekspresikan perasaan dan uneg-uneg yang nggak mampu diungkapkan dalam bentuk kata-kata.

Meski demikian, ada beberapa simbol di WhatsApp yang terkadang membingungkan. Bahkan, banyak pengguna yang memakai emotikon WhatsApp dengan cara yang kurang pas dan tidak tahu makna yang ada di balik emotikon tersebut. Nah, berikut beberapa makna di balik simbol, ikon, dan emotikon di WhatsApp yang dikutip dari TechWelkin, Selasa (2/6).

Tahukah kamu makna di balik simbol, ikon, dan emotikon di WhatsApp?

1. Gambar "WC"
"WC" merupakan singkatan dari Water Closet atau toilet. Jika tiba-tiba kamu pengen BAB saat sedang berkirim WA dengan temanmu, kamu bisa mengirim simbol "WC" sebagai tanda kalau kamu pengen pergi ke toilet!

2. Gambar orang membungkuk
Banyak orang mengartikan gambar ini dengan "sedang berpikir." Padahal, dalam budaya Jepang, membungkuk merupakan cara untuk menunjukkan penghormatan. Jadi, gunakan emoji ini untuk mengekspresikan rasa hormatmu kepada orang lain.

3. Simbol "SOS"
"SOS" kependekan dari Save Our Soul atau permintaan bantuan. Gunakan simbol ini jika kamu sedang merasa butuh bantuan temanmu.

4. Bintang melingkar
Jangan sampai salah, simbol ini digunakan untuk menunjukkan perasaan pusing atau sakit kepala. Jadi jika kamu tiba-tiba kamu mendengar kabar buruk dan kepalamu pusing tak karuan, kamu bisa memakai simbol ini.

5. Gambar melipat tangan
Menurut tradisi Jepang, gestur ini digunakan sebagai ungkapan meminta bantuan bukan untuk berdoa atau meminta bantuan.

6. Gadis berbaju pink
Menurut Mashable, ekspresi ini mempunyai arti: 'Ada yang bisa saya bantu?' Namun banyak orang mengartikan simbol ini dengan 'Saya lebih baik darimu.'

7. Emoji stres dengan keringat di dahi
Jika kamu sedang sakit, kelelahan, atau takut, kamu bisa memakai emotikon ini.

8. Siapa John Appleseed?
Pernahkah kamu memakai ikon ini? Jika gambar ini diperbesar, maka akan terlihat tulisan 'John Appleseed.' Menurut TechRadar, John Appleseed merupakan nama panggilan yang digunakan oleh mantan CEO Apple, Mike Markkula.

9. Gereja dengan simbol hati
Simbol ini bermakna suatu pernikahan atau bisa juga bermakna bahwa seseorang suka pergi ke gereja.

Makna emoji WhatsApp
Berikut ini penjelasan makna ikon kuning pada WhatsApp yang dirilis oleh Buzzfeed:

Tahukah kamu makna di balik simbol, ikon, dan emotikon di WhatsApp?

Bagaimana? Sudah jelas kan? So, jangan sampai salah memakai emotikon ya, guys!