Brilio.net - Cowok dan cewek memang terlahir beda, terutama dalam hal fisik. Setiap orang pasti sudah menyadari hal ini sejak anak-anak. Tidak hanya perbedaan organ kelaminnya saja, akan tetapi juga ada beberapa bagian tubuh yang tidak sama.

Meskipun begitu, tidak semua orang tahu detilnya. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tulang punggung cewek ternyata lebih kecil dan lebih lemah sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari New York Times, Senin (3/8).

Riset ini dilakukan terhadap 70 bayi yang terlahir dalam kurun waktu yang normal, yakni 9 bulan. 35 di antaranya merupakan bayi berjenis kelamin perempuan. Masing-masing bayi diukur mulai dari kadar lemak, kadar otot, lingkar kepala, lingkar pinggang, dan panjang tulang punggung. Pengukuran tersebut dilakukan dengan metode magnetic imaging.

Meskipun secara data statistik tidak ada perbedaan yang mencolok, akan tetapi ada yang mengejutkan dengan ukuran dan kekuatan tulang punggung pada bayi tersebut. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tulang punggung pada bayi perempuan ternyata lebih kecil dibandingkan dengan bayi laki-laki dengan rata-rata 10,6%. Meskipun begitu, tidak ada perbedaan ukuran terhadap tulang-tulang yang lain.

Sang peneliti, Vicente Gilsanz menganggap bahwa ini merupakan berkah bagi wanita. Dengan kondisi tulang yang lebih kecil, hal ini memberikan fleksibilitas untuk berjalan tegak pada saat hamil. Meskipun begitu, kondisi tulang ini juga memberikan risiko lebih tinggi terhadap patah tulang punggung dibandingkan dengan wanita.