Brilio.net - Mengunyah permen karet tidak sekadar sarana rekreatif. Mengunyah permen khas ini kabarnya juga akan memberikan reaksi positif kepada otak.

Penelitian terbaru dari Cardiff University mengungkapkan kalau mengunyah permen karet ampuh dalam meningkatkan reaksi otak hingga 10 persen lebih cepat.

Penelitian dilakukan pada beberapa peserta yang diminta untuk mengunyah permen karet selama beberapa saat. Kemudian daerah otak mereka dipindai untuk melihat daerah mana yang aktif.

Selama 30 menit tes, peserta menekan tombol dengan ibu jari kanan atau kiri dalam menanggapi arah panah di layar. Pria dan wanita yang tidak mengunyah permen karet hanya memiliki 545 milidetik untuk bereaksi, dibandingkan dengan 493 milidetik bagi mereka yang mengunyah.

Daerah otak yang paling aktif selama mengunyah adalah yang terlibat dengan gerakan dan perhatian, seperti dilansir brilio.net dari Dailymail, Jumat (12/6).

Seorang peneliti dari AS Baylor College of Medicine, Craig Johnston, mendapatkan fakta unik tentang manfaat lain mengunyah permen karet. Menurut Craig Johnston, kebiasaan mengunyah permen karet bisa membantu peningkatan prestasi akademik anak terutama dalam mata pelajaran matematika.

Tim peneliti menemukan fakta bahwa siswa yang mengunyah permen karet selama jam pelajaran matematika mempunyai skor lebih tinggi pada saat ujian matematika jika dibanding dengan siswa yang tidak mengonsumsi permen karet.

Direktur Eksekutif Wrigley Science Institute, Gil Leveille, memaparkan bahwa untuk pertama kalinya pihaknya mampu membuktikan bahwa siswa yang mengonsumsi permen karet dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik.

Sementara itu, penelitian lain mendapati mahasiswa di laboratorium yang mendapat tugas komputer level sulit mempunyai tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah pada saat mereka mengonsumsi permen karet jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengunyah permen karet.

Gil Leveille berpendapat bahwa permen karet bisa membantu mengurangi kadar stres sehingga para siswa dapat menyelesaikan pekerjaan dan tugas dengan jauh lebih baik. Sampai saat ini, hampir sebagian besar sekolah memiliki pandangan negatif terhadap siswa ataupun mahasiswa yang mengunyah permen karet di dalam kelas.

Namun, Gil Leveille berharap temuan tersebut bisa sedikit mengubah pandangan negatif yang ada. Sebab ternyata dengan makan permen karet memberikan banyak manfaat kesehatan.