Brilio.net - Selama ribuan tahun, manusia menganggap singa sebagai salah satu hewan paling berani. Teks kuno Yahudi bahkan menyerukan kepada umatnya untuk menjadi 'seberani singa untuk melakukan kehendak Bapa di surga'. Selain itu, Raja Richard (Raja Inggris) diberi julukan si Hati Singa atau Lion Heart karena keberaniannya dalam pertempuran. Namun benarkah singa itu pemberani atau sekadar mitos?

Dilansir brilio.net dari laman Mental Floss, Senin (15/6), jika kita menilai perilaku singa dengan standar manusia, mereka sebenarnya cukup berani. Meskipun mereka mungkin tidak mengalami perasaan keberanian cukup seperti yang kita lakukan, mereka tetap saja tidak takut untuk berburu yang lebih besar atau mangsa berbahaya.

"Singa hanya memiliki sedikit ketakutan terhadap apa pun dari semua predator," kata Craig Packer, seorang ahli ekologi dengan University of Minnesota dan salah satu ahli terkemuka di dunia singa.

Jadi, sekalipun singa betina berburu rusa dan zebra, singa jantan bertanggung jawab berburu mangsa lebih besar walaupun harus turun tangan dengan kekerasan. "Bukan sesuatu yang sepele untuk menangkap kerbau. Tindakan itu cukup berisiko," sambung Packer.

Namun begitu, garis perbedaan antara keberanian dan kebodohan itu beda tipis, sama halnya dengan manusia. Packer menyatakan bahwa kadang keberanian bisa berbuah dengan pertumpahan darah. "Karena kadang mereka akan mencoba menangkap badak atau gajah, tapi justru terbunuh," tandasnya.

Hmmm..., ternyata singa memang berani namun memang berisiko ya. Kalau menurutmu gimana? Berani selfie sama singa?

WAJIB JUGA KAMU BACA:

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

Kamu pernah bertanya-tanya kenapa hewan memiliki ekor? Ini jawabannya

12 Hewan aneh yang ada di dunia

6 Kotoran hewan ini kini laris manis jadi makanan & minuman, kamu mau?