Brilio.net - Agak menyedihkan memang bagi kamu memiliki postur tubuh pendek. Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa semakin pendek postur tubuh seseorang, maka semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung. Bagaimana penelitian ini dilakukan?

Dikutip brilio.net dari dailymail.co.uk, Kamis (9/4), dibandingkan dengan orang yang tingginya 2 meter, orang yang memiliki tinggi 180 cm mempunyai risiko terkena penyakit jantung koroner 32% lebih tinggi. Penelitian ini juga mengungkap bahwa setiap 6,3 cm dari tinggi badan seseorang bisa meningkatkan/mengurangi terkena penyakit ini 13,5%. Tergantung, apakah orang tersebut semakin tinggi atau semakin pendek.

Penelitian ini dipelopori oleh Profesor Nilesh Samani dari Universitas Leicester dan diterbitkan pada New England Journal of Medicine. Penelitian ini telah dilakukan selama 60 tahun. Akan tetapi tidak jelas apakah penelitian ini ada hubungannya dengan kondisi lingkungan, sosial-ekonomi, dan juga terkait dengan gizi.

Akan tetapi, Samani menjelaskan bahwa tinggi badan seseorang terkait susunan DNA. Terlebih lagi, susunan DNA ini tidak dibuah dengan gaya hidup seseorang dan juga termasuk faktor sosial-ekonomi. Meskipun, merokok bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Selain itu, Samani juga menambahkan bahwa penemuannya tidak memiliki implikasi secara langsung secara klinis. Dia berharap bahwa penelitian ini bisa menjadi dasar untuk pencegahan penyakit jantung dengan pendekatan biologi.