Brilio.net - Kamu pasti suka makan saus tomat saat makan kentang goreng atau jajanan gorengan lainnya. Nah, kalau sudah selesai makan, tak jarang saus akan tersisa. Padahal, sisa saus tersebut tidak akan cepat kita habiskan sehingga bisa basi.

Seperti dilansir brilio.net dari laman goodhousekeeping.com, Senin (4/5), sebelum saus basi atau terbuang percuma, kamu bisa lho mempergunakan saus untuk beberapa hal. Check this out!

1. Mencerahkan peralatan tembaga
Ketika kamu mendapati peralatan dapur yang terbuat dari tembaga bernoda, kamu bisa membersihkannya dengan saus tomat. Cukup oleskan kecap ke atas tembaga, gosok pelan. Hasilnya, noda pada tembaga akan hilang. Kalau noda masih bandel, kamu bisa menambahkan sedikit garam untuk memoles di atas peralatan itu.

2. Mengilaukan mobil
Dalam buku 'The Cymbal Book' milik Hugo Pinksterboer, menuliskan bahwa beberapa orang telah berhasil dalam membuat mobil mereka kembali cemerlang dengan menggunakan saus tomat. Hanya saja, teknik ini tidak bisa hanya menggunakan saus saja, melainkan ditambah sabun dan air juga tentunya.

3. Melawan bau kotoran hewan
Aroma saus tomat bisa mengusir bau yang ditimbulkan kotoran hewan seperti anjing atau kucing. Kalau dalam artikel '7 Uses for Ketchup That May Surprise You' ini menyebutkan, saus bisa untuk mengusir bau hewan skunk atau sigung, yaitu hewan mamalia yang terkenal dengan cairan yang busuk dan menyengat. Cairan tersebut merupakan cara skunk untuk mempertahankan diri dari musuh. Nah, kamu bisa deh, mengatasi baunya dengan saus.

4. Memperbaiki rambut rusak karena klorin
Michael de Jong, penulis buku 'Clean series of simple living books' menuturkan bahwa saus tomat bisa memperbaiki kemilau rambut yang pudar karena terpapar klorin saat berenang. Kamu hanya perlu mengoleskan pada rambutmu kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu cucilah secara menyeluruh.

5. Sebagai darah palsu
Mungkin terdengar aneh bin konyol, tapi percaya atau tidak, faktanya saus tomat bisa saja kita gunakan mainan sebagai darah bohongan untuk acara-acara drama di sekolah atau kampus. Seru-seruan saja, guys! Tapi kamu juga perlu berhati-hati, salah-salah nodanya sulit hilang kalau terkena bajumu.

6. Mengatasi luka
Seorang ibu bernama Lisa mengatakan dalam situs Seacoast Online bahwa anaknya mengalami luka dan benjolan. Luka itu dapat diatasi dengan saus tomat atau kecap.

7. Mendaur ulang sendiri botol kosong dari saus kecap
Jangan terburu membuang bekas botol saus kecap, kamu bisa menggunakannya sebagai kerajinan tangan, apa pun itu. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah membersihkan bekas botol saus tersebut, ya.