Secara sederhana, kepribadian seseorang dibagi menjadi tipe A dan B. Kata kunci untuk mereka yang berkepribadian tipe A adalah ambisius, perasaan sensitif, dan perfeksionis. Sedangkan orang berkepribadian tipe B bisa dibilang sebaliknya.

Berikut dikutip brilio.net dari laman CNN, Senin (22/6), isi hati para tipe A yang patut kamu tahu, biar nyaman dalam berinteraksi.

1. Kami tidak sabaran dan efisien
Antrian panjang? Tipe A benci banget seperti ini, guys. Apalagi disuruh nungguin orang yang lambreta gila. Jauh-jauh, deh. Menurut John Schaubroeck, seorang profesor psikologi dan manajemen di Michigan State University, sikap tipe A seperti itu karena menganggap keleletan adalah penghambat kemajuan dan pencapaian tujuan sesuatu.

2. Terlambat adalah sesuatu yang menjengkelkan
Kalau kamu janjian dengan orang tipe A pukul 08.00 pagi, datanglah sebelum itu. Jangan berani-beraninya telat karena bisa membuatnya jengkel. Bahkan dia sendiri bisa datang 15 menit sebelum bertemu denganmu.

Dia memang punya sensitivitas waktu, dengan tujuan tidak membuang-buang waktu. Selain itu, dia selalu antisipatif, mempersiapkan segalanya jauh-jauh sebelum waktunya tiba.

3. Kami hidup dengan sederet daftar
Tipe A selalu hidup dengan rencana yang sudah dia daftar sedemikian rupa.

4. Kami menganggap setiap tugas harus segera diselesaikan
Karena membuang waktu adalah musuh utama tipe A, maka dia bekerja dengan cekatan dan efisien. Dia akan bergembira kalau rekan timnya bisa diajak jalan ekspres mengerjakaan tugas, menurut Bernado Tirado, seorang psikolog yang menulis untuk blog Psychology Today.

5. Kami sangat berorientasi pada tujuan
Schaubroeck menyatakan bahwa tipe A sibuk mencapai hasil. Jadi, ketika mereka melakukan sebuah pekerjaan, akan mereka awasi sampai hasilnya keluar di depan mata. Dan mereka selalu konsisten dengan hal ini.

6. Sulit bagi kami untuk rileks
Karena merasa waktu itu terasa singkat, maka tipe A tidak bisa menikmati setiap detik waktu yang mereka miliki. Setiap kali ada waktu longgar, dia tertantang untuk melakukan kegiatan baru. Memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk melakukan pekerjaan berikutnya lebih baik daripada membuang waktu bersantai ria.

7. Kami mudah stres
Menurut Friedman, tipe A sensitif dengan stres. Tak jarang stres bisa berdampak pada kesehatan fisik, bukan? Itulah yang dialami orang tipe A.

8. Kami memiliki kebiasaan gugup
Perilaku yang umum pada orang tipe A adalah memutar-mutar rambut, menggigit kuku, atau tindakan representasi kegugupan atau kecemasan lainnya. Hal ini bisa timbul dari melesetnya sesuatu dari daftar atau prinsip yang dia miliki.

9. Kami emosional
Para peneliti menunjukkan bahwa orang tipe A sangat teliti sehingga tak jarang tampak tegang atau tidak bisa santai. Belum lagi kalau ada yang meleset dari aturannya, selain gugup, amarah bisa menjadi reaksi emosionalnya. Alias uring-uringan sendiri.

10. Kami suka merenungkan sesuatu terus menerus
Kalau sudah memikirkan sesuatu, tipe A akan berulang kali berpikir tentang hal itu, bahkan sampai terbawa mimpi. Tak jarang mereka justru mengalami kekhawatiran hebat bahkan berujung rasa gugup tadi.

11. Kami pribadi yang kompetitif
Raja dan ratunya kompetitif adalah tipe A. Mereka selalu tertantang dan ingin melakukan yang terbaik dari mereka. Tak heran mereka sering memforsir diri untuk mencapai hasil maksimal.