Brilio.net - Toilet merupakan tempat paling jorok yang ada di dalam rumah. Tempat perkumpulan berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, ada di toilet.

Apalagi sama yang namanya toilet umum, nggak peduli seberapa bersih, kamu harus berbagi ruang dengan banyak orang. Udah gitu, seringkali tempatnya kurang terurus dan jarang dibersihkan lagi.

Bisa saja, kamu berbagi toilet dengan orang yang memiliki penyakit menular. Jadi, tak ada keraguan kalau kamu bisa terkena infeksi yang menyebar lewat penggunaan toilet yang kotor.

Nah, berikut ini ada lima penyakit berbahaya yang bisa disebarkan lewat toilet kotor. Seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Rabu (1/7), inilah penyakit tersebut.

1. Infeksi Streptococcus

Penyakit-penyakit ini bisa ditularkan melalui toilet, hati-hati!
Infeksi Streptococcus akan mudah menyebar jika kamu menggunakan toilet yang kotor. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini adalah radang tenggorokan, demam, dan menyebabkan kulit memerah. Selain itu, infeksi streptococcus juga akan membuat kamu rentan mengalami infeksi saluran kemih.

2. Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum terjadi jika kamu menggunakan toilet yang kotor. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, dan kram perut. Virus Hepatitis A biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi.

3. Pilek dan flu

Penyakit-penyakit ini bisa ditularkan melalui toilet, hati-hati!
Tahukah kamu bahwa pilek dan flu bisa disebabkan karena penggunaan toilet yang kotor? Bahkan saat di rumah, kalau ada anggota keluarga yang terkena flu, anggota keluarga lain bisa tertular.

Sama halnya dengan menggunakan toilet umum. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan toilet di rumah serta berhati-hati saat menggunakan toilet umum.

4. Infeksi Staphylococcus
Infeksi Staphylococcus atau yang biasa disebut dengan infeksi staph adalah infeksi sekelompok bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit seperti demam, sakit kepala, dan rasa mudah lelah.

Infeksi staph sangat mudah sekali menyerang bagi mereka yang baru saja menggunakan toilet umum. Jadi, selalu berhati-hati ya.

5. Infeksi E-coli

Penyakit-penyakit ini bisa ditularkan melalui toilet, hati-hati!
E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. E-coli akan menyebabkan infeksi yang membuat kamu mengalami buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini.

BACA JUGA:

5 Benda yang lebih kotor dibandingkan toilet

Inspirasi dari Yali, bangun toilet massal untuk stop kematian di Papua