Brilio.net - Semua orang tahu pasti tahu bahwa air putih terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan sejak kecil, orangtua selalu mewanti-wanti kita agar mengonsumsi air yang banyak sehingga tubuh tetap terhidrasi, ya kan? Kalau kamu sendiri berapa gelas air putih setiap harinya? Empat gelas? Enam? Delapan? Sepuluh? Atau malah nggak terhitung jumlahnya? Hey, hati-hati. Kebanyakan minum air putih justru nggak bagus untuk kesehatan, lho. Alih-alih bikin tubuh terhidrasi, yang ada malah bisa memperpendek umurmu. Hiii!

Kesimpulan ini sendiri diambil setelah dilakukan penelitian oleh sebuah kelompok yang terdiri dari dokter olahraga, ahli fisiologi, dan pelatih olahraga sehingga pada akhirnya merilis satu pedoman baru yang berhubungan dengan hidrasi, seperti dikutip brilio.net dari Washington Post, Selasa (7/7).

Menurut para peneliti, sebaiknya orang tidak terlalu sering minum air secara berlebihan selama melakukan aktivitas secara fisik. Kalau ingin minum, minumlah ketika kamu merasa haus. Kenapa? Sebab minum dalam jumlah yang banyak ternyata tidak mencegah dehidrasi malahan bisa memberikan risiko negatif yang lebih besar. Selama ini sayangnya, rasa haus sering diidentikkan sebagai tanda tubuh kekurangan cairan, yang sayangnya membuat manusia cenderung untuk mengonsumsi air putih lebih sering bahkan sebelum haus menyerang.

Kebiasaan minum secara berlebih ternyata bisa menimbulkan bahaya yang cukup serius lho. Kamu bisa merasa pusing, mual, bahkan dalam tingkat akut, kamu bisa saja mengalami edema serebral, dimana otak mengalami pembengkakan karena kelebihan air.

Menurut jurnal Medicine & Science in Sports & Excercise, yang ditulis oleh Tamara Hew-Butler dari Oakland University, ketika cairan berlebihan masuk ke dalam tubuh, hal ini akan membuat konsentrasi natrium mengalami penurunan yang drastis sehingga justru bisa bikin ginjal mengalami kelebihan beban yang berakibat disfungsi ekskresi. Jika sel-sel tubuh mulai menyerap air, pembengkakan seluruh tubuh bisa saja terjadi, bahkan jika terjadi pada otak bisa membuatmu mengalami kejang-kejang, koma, yang berujung pada kematian. Hiii!

Untuk itu, perhatikan lagi jumlah konsumsi harian airmu ya. Usahakan untuk minum air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air untuk menghidrasi tubuh. Delapan gelas air putih per hari merupakan sarah yang sering dikemukakan para ahli sebagai jumlah yang pas dalam mengonsumsi air setiap harinya. Kamu sudah minum berapa gelas hari ini? Kesehatanmu lho!

 

PERLU JUGA KAMU BACA SOAL AIR PUTIH DAN KESEHATAN:

Ladies, kekurangan air putih bisa bikin kamu bad mood, hati-hati!

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Minum air putih terbukti sukses turunkan berat badan, ayo buktikan!

 

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!

Media sosial terbukti bisa bantu hentikan kebiasaan merokok

Ini perbedaan cowok dan cewek dalam hal membalas email

Sejarah nyanyian dan tarian di film India, pernah 7 lagu di satu film

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ada yang aneh di foto yang sangat indah ini

Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan